Sunday, 9 July 2017

Gara-gara Dipolisikan, Kaesang Raup Rp. 30 Jt Dalam Sebulan

Darirakyat.com -- Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo mendapat berkah luar biasa setelah vlog #BapakMintaProyek yang diunggah di Youtube dilaporkan oleh Muhammad Hidayat Simanjuntak (MHS) ke Mapolresta Bekasi. Dalam hitungan kasar, Kaesang mengantongi pendapatan sekitar Rp 44 juta. Dari mana hitungannya?

Keluhan Kaesang soal kecilnya pendapatan sebagai konten kreator Youtube alias Youtuber yang digunakan sebagai ilutrasi dalam vlog edisi #BapakMintaProyek, akhirnya membuahkan hasil. Vlog yang sudah diunggah sejak 27 Mei 2017 tersebut memberikan pendapat luar biasa setelah dilaporkan ke polisi oleh MHS. Hanya hanya dalam rentang waktu satu minggu terakhir, vlog tersebut diputar lebih dari satu juta. Digabung dengan sebelumnya, per hari ini pukul 15.00 WIB, vlog #BapakMintaProyek sudah diputar lebih dari 2,3 juta.

Dikutip dari teknoliputan6.com (08/07/17), biasanya Youtuber dibayar US$ 50 – US$100 untuk vlog yang diputar 100 ribu kali. Dengan asumsi itu, jika kita menggunakan hitungan tertinggi, maka dari 2,3 juta views yang didapat vlog #BapakMIntaProyek, Kaesang mengantongi US$100 x 23 x Rp 13.300 (kurs rupiah terhadap dollar) = Rp 30.590.000 hanya dalam tempo satu bulan!

Luar biasa. Ada banyak cara untuk menghasilkan uang instan dengan memanfaatkan media sosial seperti Youtube, Instagram, dll. Saat ini beberapa pesohor tanah air seperti Deddy Cobuzier memanfaatkan Youtube sebagai “ladang” baru yang menghasilkan uang hingga ratusan juta rupiah hanya dengan satu vlog. Bahkan Youtuber paling sukses di kolong jagat, Felix Kjellberg sepanjang tahun 2016 membukukan pendapatan sebesar US#15 juta atau hampir Rp 200 miliar, atau naik sekitar Rp 60 miliar dari tahun sebelumnya .

Tidak heran jika banyak yang menghalalkan segala macam cara agar dirinya bisa menjadi seleb di media sosial dari yang kontroiversial seperti Karin Novilda, pemiliki akun Awkarin yang kini menjadi selebgram, hingga Monalisa Perez yang tega menembak kekasihnya agar terkenal di Youtube. Namun tidak jarang, ada faktor lucky yang ikut mendongkrak popularitas seseorang di dunia maya. Kisah Asa Firda Nihaya, pemilik akun Facebook Afi Nihaya Faradisa. Tulisan-tulisannya mendadak viral dan melambungkan namanya hingga diundang Presiden Jokowi menghadiri upacara Hari Lahir Pancasila. Sayangnya, nama Afi sempat meredup setelah ketahuan melakukan plagiarism. Meski sudah mengakui dan meminta maaf, tetapi “noktah hitam” itu selamanya akan mengikuti. Ini juga menjadi pengingat kita semua untuk tidak melakukan plagiarism baik di jagat maya maupun dalam kehidupan nyata, dengan modus apa pun!

Kembali ke Kaesang. Meski bisa disebut berkah tersembunyi- blessing in disguise, di balik kasus pelaporan dirinya karena dianggap menista pihak lain dengan ucapan Dasar Ndeso-nya, tetapi Kaesang memang sudah memiliki “jalan” untuk terkenal. Kita berharap Kaesang tidak memanfaatkan keterkenalannya hanya untuk mencari dollar di media sosial, tetapi terus mengedukasi dan mengobarkan semangat anak-anak muda agar bisa meraih impian tanpa memanfaatkan jabatan orang tuanya. Terus mengabarkan indahnya perbedaan serta menanamkan kecintaan pada negeri ini meski mungkin belum mampu menjamin keadilan dan kesejahteraan rakyatnya. Terus berbagi pendapat tanpa harus menyakiti orang lain.


Comments
0 Comments

0 comments