Jalanan Licin di Kota Tua Bikin Pemotor Jatuh, Anies: Itu Motor yang Melanggar, Serobot Kawasan Pejalan Kaki!



Darirakyat.com -
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengomentari terkait ramainya unggahan video yang memperlihatkan area jalan di Kota Tua yang licin saat hujan hingga menyebabkan sejumlah pemotor terjatuh.

Menurut Anies, area jalan yang viral itu merupakan area pedestrian pejalan kaki. Dia menegaskan, dalam video tersebut sejumlah pemotor sudah menyerobot jalur pejalan kaki.

"Saya sudah tegaskan kepada Dishub dan Satpol untuk lebih disiplin dalam menjaga. Karena yang gambarnya pada jatuh itu. Itu motor-motor itu sebetulnya melanggar, memasuki kawasan pejalan kaki. Yang memang bukan didesain untuk motor," ungkap Anies kepada wartawan di Kota Tua, Sabtu (10/9).

Anies berharap para pemotor bisa menghormati pejalan kaki di Kota Tua. Di samping itu, dirinya juga meminta agar aparat penegak hukum bisa melakukan penjagaan ketat agar kawasan itu nantinya tidak lagi diserobot para pemotor nakal.

"Kalau di situ ada tulisan ini adalah khusus bagi pejalan kaki. Ya yang pakai motor cari tempat yang bukan untuk pejalan kaki. Karena itu membahayakan bagi pejalan kaki. Jadi ambil sikap tanggung jawab, di sisi lain petugas kita supaya lebih disiplin di dalam menjaga," ungkapnya.

"Jadi itu bukan jenis aspalnya yang licin, tapi memang itu dirancang untuk pejalan kaki, bukan untuk sepeda motor," sambungnya.

Sebuah video yang memperlihatkan jalanan di kawasan Kota Tua licin saat diguyur hujan viral di media sosial. Akibatnya, sejumlah pemotor yang melintas di jalan tersebut terjatuh.

Wajah Baru Kota Tua. (Twitter/@aniesbaswedan)

Dalam video yang diunggah akun Instagram @infojkt24, terlihat seorang pengendara motor terjatuh di jalanan yang basah. Disusul kemudian, ada motor lain yang bernasib serupa.

"Jatuh, jatuh lagi. Aduh udah empat motor, udah sembilan motor ini udah. Wis, korban thok nang kene, dalane licin (korban saja di sini, jalannya licin)," kata seorang pria perekam video akun @infojkt24 dikutip Suara.com, Minggu (11/9/2022).

Dalam narasinya, @infojkt24 mewanti-wanti agar pemotor berhati-hati saat melintas di area jalan tersebut.

"Untuk warga jakarta yang melintas kota tua agar berhati hati. di karenakan jalan yang agak licin ketika hujan datang sudah beberapa pengendara yang terjatuh akibat jalan yang licin," tulis @infojkt24.

Usut punya usut, titik jalan yang licin itu berada di Jalan Pintu Besar, Kota tua, Jakarta Barat. Jalan tersebut masuk dalam kawasan rendah emisi.

"Kawasan Kota tua daerah rendah emisi kawasan yang hanya dapat diakses dengan kendaraan beremisi rendah," imbuhnya. (suara.com)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel