Kronologi Hilangnya Eril di Sungai Aare Swiss hingga Ditemukan Meninggal



Darirakyat.com - Jenazah putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz (Eril), ditemukan. Jenazah Eril ditemukan setelah 2 pekan hilang.Jenazah Eril ditemukan pada Rabu (8/6/2022), pukul 06.50 WIB, di Bendungan Engehalde.

Berikut ini perjalanan dari hilangnya Eril hingga jasadnya ditemukan:

Kamis (26/5)

Kabar menghilangnya Eril dikonfirmasi langsung oleh pihak keluarga. Eril disebut hilang saat berenang di Sungai Aare.

"Kronologisnya Eril berenang di Sungai Aare, Bern, bersama adik dan kawannya. Saat ingin naik ke permukaan, Eril terseret arus sungai yang cukup deras yang sebelumnya sempat mendapat bantuan dari kawannya," kata pihak keluarga, Elpi Nazmuzaman, kepada wartawan, Jumat (27/5).

"Kejadian tersebut terjadi pada tanggal 26 Mei 2022 siang hari waktu Swiss dengan kondisi cuaca cerah," imbuhnya.

Polisi Swiss melakukan pencarian di hari pertama dengan menyusuri lokasi di sekitar sungai. Pencarian dilanjutkan esok harinya karena kondisi suhu dan arus sungai.

Jumat (27/5)

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI mengatakan pihak KBRI Bern sudah berkoordinasi dengan kepolisian Swiss.

"KBRI Bern telah berkoordinasi dengan kepolisian setempat untuk proses pencarian," ujar Jubir Kemlu Teuku Faizasyah saat dimintai konfirmasi, Jumat (27/5).

Faizasyah mengatakan pencarian sudah dilakukan sejak Kamis (26/5). Pencarian akan dilanjutkan lagi hari ini.

"Upaya pencarian langsung dilakukan pada 26 Mei dengan menyusuri Sungai Aare dan akan terus dilanjutkan pada hari ini, 27 Mei 2022," jelasnya.

Sabtu (28/5)

Duta Besar RI untuk Swiss Muliaman Hadad mengatakan upaya pencarian terus dilakukan di hari ketiga. Untuk pencarian itu, telah dibentuk tim SAR yang terdiri atas sekitar 20 personel.

"Pihak kepolisian menyampaikan mereka telah membentuk tim SAR yang langsung menyisir seluruh area potensial di sepanjang Sungai Aare. Tim SAR yang berjumlah sekitar 20 orang terdiri atas unsur polisi sungai, polisi medis, dan pemadam kebakaran," kata Muliaman saat konferensi pers, Sabtu (28/5/2022).

"Jadi memang khusus ada polisi sungai karena memang Sungai Aare ini sungai yang sangat populer, terutama pada musim semi dan musim panas dan musim libur sekolah. Mereka banyak berkumpul di sepanjang sungai ini. Jadi setiap hari polisi sungai bertugas mengawasi sungai itu," tambahnya.

Minggu (29/5)


Tim SAR kembali melanjutkan pencarian Putra Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz atau Eril, yang hilang di Sungai Aare, Bern, Swiss. Pencarian hari keempat ini difokuskan di area antara 2 pintu air terdekat lokasi hilangnya Eril.

"Rencana pencarian besok (Minggu) akan difokuskan pada area di antara dua pintu air terdekat lokasi terakhir terlihatnya Saudara Eril, yaitu Schwellenmaetelli dan Engehalde," demikian keterangan KBRI Bern yang dikutip dari situs kemlu.go.id, Minggu (29/5/2022).

Jumat (3/6), Eril Dinyatakan Meninggal


Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril dinyatakan meninggal dunia. Pernyataan tersebut disampaikan langsung keluarga Eril pada Jumat (3/6/2022).

"Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun, sesungguhnya semua makhluk bernyawa akan merasakan kematian," kata Erwin Muniruzaman, selaku perwakilan keluarga, saat memberikan keterangan kepada wartawan di Gedung Negara Pakuan, Kota Bandung, Jumat (3/6).

Sekadar diketahui, Eril, putra Gubernur Jabar Ridwan Kamil, dilaporkan hilang di Sungai Aare, Bern, Swiss, Kamis (26/5) pukul 09.40 waktu setempat. Erwin menjelaskan, dari upaya pencarian Eril di Sungai Aare, Swiss, yang telah dilakukan sepekan, Ridwan Kamil dan istri sudah berupaya untuk mencari putranya itu. Pihak kepolisian dan tim SAR setempat pun turun langsung mencari Eril.

Kamis (9/6), Jasad Eril Ditemukan


Jenazah putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz, ditemukan setelah tenggelam di Sungai Aare, Bern, Swiss. Jenazah Eril, sapaan Emmeril, ditemukan di Bendungan Engehalde.

"Pada hari Rabu, 8 Juni 2022, sesaat sebelum pukul 06.50, polisi wilayah Bern dilaporkan bahwa seorang pria tak bernyawa tergeletak di air di Bendungan Engehalde di Bern," demikian laporan keterangan Polisi Bern, Kamis (9/6/2022).

Polisi melakukan pemeriksaan forensik terhadap jasad yang ditemukan. Hasilnya dipastikan itu adalah jasad Eril yang hilang sejak Kamis, 26 Mei 2022.

"Dari pemeriksaan forensik yang dilakukan, diketahui bahwa korban tewas adalah WNI yang hilang di Aare sejak Kamis, 26 Mei 2022. Lelaki berusia 22 tahun itu berenang di sungai dan mengalami keadaan darurat. Dia tenggelam akibat kecelakaan ini," katanya.

(detik.com)



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel