Roy Suryo Dituding Hina, Rasis, Ngeledek Pawang Hujan dengan Ilustrasi Monyet, Bikin Netizen Murka!

Darirakyat.com - Mantan Menteri Olahraga (Menpora), Roy Suryo kembali menyindir Rara Isti Wulandari atau Mbak Rara, si pawang hujan pada ajang MotoGP 2022 Mandalika.

Namun, postingan Roy Suryo kali ini dinilai netizen sudah keterlaluan dan merendahkan martabat sesama manusia.

Roy Suryo dalam postingannya mengilustrasikan aksi Mbak Rara dengan gambar seekor monyet.

Ini berawal dari cuitan Roy Suryo di akun Twitternya. Dia menyebut aksi Mbak Rara itu untuk menghibur di tengah kasus-kasus besar yang terjadi di Indonesia.

"Kesimpulannya, 'Pertunjukan" Pawang2an kemarin SUKSES mendpt Bayaran besar (Ratusan juta, Uang dari mana? APBN?), Menorehkan Nama Orang Indonesia di Pemberitaan2 LN (bahkan Melebihi yg Sebenarnya "Pengin tampil") & Menghibur Rakyat +62 sejenak dari berbagai Kasus2 besar. AMBYAR," cuit @KRMTRoySuryo2 seperti dikutip FIN pada Rabu (23/3/2022).

Cuitan tersebut masih dianggap biasa-biasa saja. Namun yang membuat netizen marah, saat Roy Suryo mengunggah gambar bergerak seeokor monyet yang membawa wadah kecil serupa seperti yang dibawa Mbak Rara.

"Instagram komik_merahputihhitam ini memang LUCU dan CERDAS," tulis Roy Suryo pada tanggal 22 Maret 2022.

Netizen menganggap postingan Roy Suryo itu ditujukan kepada si pawang hujan di sirkuit Mandalika tersebut.

Sebelumnya, pada tanggal 21 Maret 2022, Roy Suryo memposting gambar bergerak seekor monyet yang melindungi tubuhnya dari guyuran hujan.

"Dari IG komik_merahputihhitam ... LUCU," tulis Roy Suryo sambil memberi emoji tertawa. Di bagian tubuh gambar monyet tersebut, ada tulisan warna merah berbunyi: Pawang.

"Kalau mau RASIS & MENGHINA hapus gelar ningratmu. Jangan buat malu orang jawa kau!!!! @krmtroysuryo2. Tolong sobat tweetland, tagkan ke sesiapa saja kasepuhan Jogyakarta atau Surakarta biar diajar nih orang," tulis akun The Commoners @RiuRizkiUtomo_.

Kegeraman serupa juga diungkapkan oleh akun Rizmaya @Rizmaya__·

Dia menulis: Memang sungguh keji, seorang mantan menteri di era @SBYudhoyono menyamakan sesama anak bangsa dgn Monyet. Hinaan ini lebih keji dari sekedar tuduhan menggondol aset negara yaitu ‘panci’ dll. Karena menyamakan manusia dgn binatang itu sdh keterlaluan."

Akun Rya Wiedy @RyaWiedy pun ikut berkomentar. "Konsekuensi hidup di negara multikultur adl melihat bny hal BERBEDA dan menerima sbg hal yg biasa tanpa menjustifikasi kurang & lebihnya. Kl seorang Roy Suryo tidak paham soal beginian, ngga' guna pamer ijasah & KTM UGM. *Aku diblokir sm dia," cuitnya.

Warganet tidak terima atas postingan Roy Suryo yang terkesan menghina dan merendahkan orang lain.

"Roy Sukro udah keterlaluan, gara2 pawang hujan Rara pakai pukul2 panci sekarang Sukro bertindak rasis," timpal akun Firza Husain @firzahusainInc.

Akun Rio Permana @RioPerm35723181 menulis: "Bisa jadi monyet lebih mulia dari dia, setidaknya tingkah polah monyet masih jenaka. Sedangkan tingkah polah nya sungguh2 sangat menjijikkan, segala perabotan milik negara dibawa yg totalnya ribuan item, sungguh2 sifat serakah melebihi monyet bukan?"

Netizen juga menyinggung trah darah biru Roy Suryo yang kental dengan budaya klenik.

"@KRMTRoySuryo2 yg ditubuhnya mngalir deras darah biru trah mulia masyarakat Jawa tp mengolok2 keberadaan pawang hujan. Padahal dlm lingkungan budayanya klenik justru sgt kental... Malu sama darahmu @KRMTRoySuryo2," urai akun Son Goku @AnggoroWok.

Akun Sherly @neng_di2 menambahkan: "Saya kira gambar Komik_merahputih mirip dgn anda, tapi lebih lucu dan cerdas dari pada Anda @KRMTRoySuryo2."

Ada pula netizen yang mengingatkan agar Roy Suryo menjaga adab dalam berpolitik.

"Jaga kesopanan dan etika mu Pak Roy @KTMTRoySuryo2. Jaga adab mu dalam berpolitik! Tanya: Jika ada yang membuat karikatur diri mu dalam bentuk 'Monyet', apakah saya boleh membagikannya di medsos? tanya aku Lady Zeebo @Lady_Zeebo.

Seperti diberitakan, Roy Suryo membuka jejak digital pawang hujan, Rara Istiani Wulandari yang melakukan ritual mengendalikan hujan di MotoGP Mandalika 2022 pada Minggu 21 Maret 2022 lalu.

Roy mulanya menyayangkan balapan MotoGP Mandalika 2022 yang disorot ritual pawang hujan.

Menurut Roy, biasanya yang jadi sorotan usai balapan MotoGP adalah para juaranya. Tapi berbeda di Mandalika, yang dibahas justru pawang hujan.

"Ironis memang, di mana-mana kalau habis race itu yang rame dibahas adalah juara-juaranya atau minimal race-nya, Ini kok malah aksi teatrikal pawang-pawangan" tulis Roy Suryo di Twitter-nya, dikutip Rabu 23 Maret 2022.

Padahal jelas pawang hujan tidak mampu mengendalikan hujan. BMKG pun menyebut hujan berhenti karena durasinya telah selesai.

"Yang sudah jelas-jelas dibantah secara Ilmiah oleh BMKG (juga BRIN & TNI-AU)," ujar Roy Suryo.

Roy Suryo lantas membuka jejak digital wanita yang biasa dipanggil mbak Rara itu.

Dari beberapa foto, Rara ternyata pernah menjadi pendukung Ahok, pendukung PDI-Perjuangan dan pernah menjadi pawang hujan untuk kampanye Jokowi pada Pemilihan Presiden.

"Kalau cek jejak digital-nya, maklumi saja, Bani Kendil juga. AMBYAR," kata Roy Suryo.

(fin.co.id)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel