Saturday, 13 May 2017

WNI Di Berbagai Penjuru Dunia Akan Gelar Aksi Dukung Ahok, Simak,,,!



Jakarta,Darirakyat.com -- Dukungan untuk mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, menggema dari berbagai penjuru dunia. Akhir pekan ini, belasan titik di dunia akan diramaikan dengan aksi yang digagas oleh warga negara Indonesia.


Salah satu aksi tersebut akan digelar di ibu kota Amerika Serikat, Washington DC. Bertajuk Aksi Peduli Indonesia, aksi ini merupakan wujud dukungan para WNI untuk pemerintah RI dan keprihatinan atas ketidakadilan terhadap Ahok.


"Gerakan ini adalah bagian gelombang dari gerakan yang saat ini terjadi di seluruh dunia. Beberapa orang sahabat memiliki ide untuk ikut menyuarakan dukungan ke pemerintah RI dan keprihatinan atas apa yang menimpa Bapak Ahok saat ini," ujar salah satu koordinator acara, Kurnia Hutapea, kepada CNNIndonesia.com, Jumat (12/5).



Kurnia mengatakan, ia mengajak WNI untuk berkumpul di depan Gedung Parlemen AS di Washington DC pada Minggu (14/5) dengan mengenakan pakaian berwarna merah atau putih. Mereka juga diharapkan membawa balon dan lilin berwarna serupa.

Tak lama setelah undangan itu disebar pasca pembacaan putusan sidang Ahok, langsung banyak warga yang menyambut antusias. Kurnia memperkirakan, jumlah warga yang berniat hadir akan mencapai ratusan orang."Dari respons di Facebook, lumayan banyak yang menyambut, tapi belum tentu hadir. Saya perkirakan sekitar 100 orang. Dalam dua hari ini mungkin bisa lebih diprediksi," tutur Kurnia.Menurut Kurnia, antusiasme warga ini sudah dapat diprediksi. Pasalnya, kabar mengenai vonis dua tahun penjara yang menjerat Ahok sudah menjadi pergunjingan besar di kalangan WNI di AS.

Tak hanya di Washington DC, aksi serupa juga rencananya akan digelar oleh komunitas WNI di San Francisco, Seattle, New York City, Manhattan, Los Angeles, dan Dallas.
Selain di AS, suara solidaritas untuk Ahok juga akan digaungkan di Kanada, salah satunya di Vancouver. Berpakaian hitam atau merah putih, para WNI akan berkumpul di depan Vancouver Art Gallery sambil menyalakan lilin. 

Di Kanada, aksi serupa juga akan dihelat di Toronto. Pada Jumat (12/5), WNI akan berkumpul di depan Nathan Phillips Square dengan mengenakan pakaian hitam dan menyalakan lilin.

Sementara itu di Belanda, para WNI juga menggelar aksi di beberapa titik, seperti Amsterdam, Den Haag, Utrecht, dan Groningen. 

"Aksi ini bukan hanya untuk menuntut keadilan buat Pak Ahok dalam proses hukum yang sedang berjalan, yang kami juga inginkan adalah persamaan hak untuk mendapat kesempatan dan perlakuan yang sama walau pun dari latar belakang berbeda," katanya. 



"Kami akan menyalakan lilin khusus untuk Ahok hari Sabtu malam ini pukul 8 malam waktu setempat," kata salah satu koordinator acara Solidarity with Ahok, Kemal Wahju, kepada CNNIndonesia.com.

Dari wilayah Pasifik, gema dukungan untuk Ahok datang dari berbagai wilayah di Australia, termasuk Perth, Melbourne, dan Sydney. Di depan Sydney Opera House, ratusan WNI diperkirakan bakal menghadiri aksi Justice for Ahok pada Minggu (14/5). (CNN Indonesia)

Comments
0 Comments

0 comments