Soal Cuitan Hina Iriana Jokowi, Erick Pasang Badan: Konten tidak Baik, Bukan Kultur Bangsa Kita




Darirakyat.com -
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengkritik cuitan seorang warganet yang dianggap banyak pihak telah menghina Ibu Negara Iriana Joko Widodo. 

Cuitan dimaksud adalah unggahan pemilik akun Twitter @KoprofilJati yang membuat candaan soal foto antara Iriana dan istri presiden Korea Selatan Kim Kun-hee. 

"Ini konten sangat tidak baik, ini bukan kultur bangsa kita. Saya sangat sedih dan saya sangat terpukul ketika hal-hal ini justru menjadi hal-hal yang seperti dianggap biasa. Ini tidak biasa," kata Erick, dikutip dari akun Instagram miliknya. 

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga telah memberikan izin kepada Kompas.com untuk mengutip pernyataan Erick tersebut. 

Erick menilai, masyarakat tidak boleh diam dengan adanya cuitan bernada hinaan kepada Iriana, apalagi menganggapnya sebagai bahan candaan. 

Lebih lanjut, Erick berpendapat bahwa budaya patriarki sudah kuno dan kecantikan seorang perempuan tidak bisa diukur dari satu standar saja. 

"Tentu tidak adil kalau kita membanding-bandingkan karena sesungguhnya kecantikan perempuan itu berasal dari hati dan tentu yang saya bilang, akhlaknya," ujar Erick. 

Mantan bos Inter Milan itu juga menuturkan bahwa kalangan perempuan kini sudah membuat banyak karya hebat. Ia mencontohkan, Kementerian BUMN telah mendorong kepemimpinan perempuan hingga 25 persen dan menjadikan perempuan sebagai salah satu agen perubahan di BUMN.  

"Bahkan, kalau kita lihat di G20 kemarin terjadi banyak kontribusi perempuan-perempuan hebat, Bu Menlu, Bu Menkeu, dan juga banyak figur-figur wanita lain," kata Erick. 

Adapun akun @KoprofilJati sempat membuat cuitan yang menyertakan foto Iriana. 

Dalam foto tersebut, Iriana Jokowi foto bersama istri Presiden Korea Selatan Kim Kun-hee. Kemudian, @KoprofilJati menuliskan cuitannya.

"Bi, tolong buatkan tamu kita minum. Baik, Nyonya," cuitnya pada Kamis (17/11/2022). 

Kini, akun Twitter tersebut sudah tidak bisa diakses lagi. Cuitan tersebut pun viral di media sosial. 

Sementara itu, Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen (Pol) Adi Vivid mengungkap bahwa pemilik akun itu sedang diburu polisi. 

"Betul (sedang dicari). Kita sedang lidik identitas pelaku," kata Adi, Jumat (18/11/2022). 

Adi mengatakan, polisi juga sudah menemukan unsur pidana dalam cuitan @KoprofilJati.

(kompas.com)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel