Pemandangan Viral di Wisma Atlet: Ratusan Pasien COVID Lesehan Antre Masuk. Pemprov DKI Siapkan Barak TNI-Polri!


Darirakyat.com - Viral video kondisi di RSDC Wisma Atlet yang ramai antrean pasien COVID-19. Terlihat para pasien duduk lesehan menunggu mendapat kamar isolasi.

Dalam video berdurasi 10 detik itu, warga tampak bergantian melakukan pendataan. Para pasien itu terlihat membawa tas dan koper untuk menjalani masa isolasi.

Koordinator Humas RSD Covid-19 Wisma Atlet, Letkol TNI AL M. Arifin membenarkan video antrean pasien itu. Arifin mengatakan peristiwa itu terjadi semalam pukul 21.00 WIB.

"Sekitar pukul 21.00-an, ramainya malam. Tower 4. Bukan OTG, OTG Tower 5. Mulai seminggu terakhir kan memang naik 300, 400, 500, 661 pernah, 500 kembali, pokoknya di atas 300 lah, sampai hari ini juga, semalam kan makanya ada video ramai memang faktanya seperti itu," ujar Arifin, kepada wartawan, Selasa (15/6/2021).

Dia mengatakan pasien yang antre mencapai ratusan. Dia menuturkan pasien harus melakukan pendaftaran lebih dulu untuk mendapat kamar isolasi.
"Yang bergejala harus ditanya dicek, ditensi, kalau tanpa gejala cepat, yang bergejala kan harus dipastikan dia tidak ada keluhan sesak nafas. Proses mendapatkan kamar dan orang yang masuk itu banyak. Jadi antre lah. " kata Arifin.

Dia mengatakan meningkatkanya pasien COVID di Wisma Atlet didominasi dari warga Jakarta. Arifin berharap bisa ada pengetatan di DKI Jakarta untuk menekan kasus aktif COVID-19.

"Yang ngirim dari Puskesmas kita sendiri kok, yang di Cipayung aja masih akan dikirim nanti 30 dia akan kirim lagi. Padahal sudah berapa ratus dari awal klaster kunjung mengunjung lebaran masih berlangsung, bahkan sudah di kelurahan-kelurahan sebelahnya ikut tertular, Ciracas, Bambu Apus, kendalikannya harusnya mulai sekarang ya. Jalan harusnya sepi, jangan macet seperti ini berarti kan mobilisasi orang tidak dikendalikan," kata dia. 

Wisma Atlet Penuh, Pemprov DKI Siapkan Barak TNI-Polri Tampung Pasien Covid-19

Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi mengatakan Gubernur DKI Jakarta sudah menambahkan barak dari TNI dan Polri di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, Jakarta Pusat. Hal tersebut seiring dengan terjadinya antrean panjang pada Senin (14/6) dini hari yang mencapai hampir 600 pasien.

"Ya kita sekarang kan rumah sakit wisma atlet kan semua naik tapi kita sudah siapkan menurut laporan dari Pak Gubernur sudah ada tempat barak ditambah lagi TNI polri sudah menambah ya. Supaya masyarakatnya langsung bisa dicover itu aja," kata Prasetyo di Istana Kepresidenan, Selasa (15/6).

Sebelumnya diketahui Koordinator Humas dan Komandan Lapangan RSD Wisma Atlet Letnan Kolonel Laut M Arifin menyatakan sudah beberapa bulan terakhir kondisi di RSD Wisma Atlet tidak terjadi antrean pasien.

Saat ini, kata dia, akibat antrean tersebut pasien Covid-19 harus rela menunggu dengan duduk di lantai karena bangku yang sediakan tidak dapat menampung.

"Pagi ini saya kendalikan dulu enggak ada yang ngirim (pasien) dulu mau persiapan atur bed. Siang kayaknya baru pada mau ngirim (pasien)," kata Arifin saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (15/6).

Dia menyebut antrean panjang hingga dini hari sempat terjadi pada Senin (14/6). Sebab, sebanyak hampir 600 pasien masuk ke RSD Wisma Atlet.

"Iya saking (karena) banyaknya, kasih tahu masyarakat emang benar seperti itu (keadaan RSD Wisma Atlet), antre sampai dini hari baru dapat kamar, sampai lesehan," ujar dia.

Lanjut Arifin, ketersediaan kamar perawatan pasien pun sudah hampir penuh. "Iya intinya untuk ketersediaan (kamar isolasi) sudah lampu kuning menjelang merah," jelas dia. (detik dan merdeka)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel