Waspada...!! Muncul Klaster Corona Baru di DKI: Hotel, Hiburan Malam, dan Pernikahan




Darirakyat.com - Anggota tim pakar Satgas COVID-19 Nasional Dewi Nur Aisyah membeberkan data terkait klaster corona di DKI Jakarta. Di urutan teratas ada klaster rumah sakit, komunitas, dan perkantoran. 

Klaster rumah sakit berarti mereka yang masih dalam perawatan di sana. Sementara klaster komunitas, bisa jadi satu tempat tinggal, satu kompleks, dan sebagainya.  

Namun, Dewi Nur Aisyah lebih menyoroti munculnya klaster-klaster baru di Ibu Kota. Hal tersebut dihimpun dalam data hingga 12 September.  

"Ada beberapa yang baru yang sebelumnya tidak ada. Contohnya klaster hotel, pesantren, hiburan malam," kata Dewi dalam diskusi virtual di BNPB, Rabu (23/9).  

Soal klaster hotel, Dewi memberikan penjelasan. Menurutnya, ada 3 orang tertular di sebuah hotel di Jakarta. 

Muncul Klaster Corona Baru di DKI: Hotel, Hiburan Malam, dan Pernikahan (1)

Dewi Nur Aisyah, Tim Pakar Gugus Tugas COVID-19. Foto: BNPB

"Jadi memang ditemukan 3 kasus di sebuah hotel dan dilihat memang 3 orang punya kontak di sana. Nah, ini masih dalam penyelidikan sebenarnya," tutur dia. 

Untuk klaster tempat hiburan malam, ditemukan 6 kasus corona. Namun Dewi tak menyebut tempat hiburan malam mana yang dimaksud. 

Padahal, Pemprov DKI sama sekali belum mengizinkan tempat hiburan malam dibuka. Ini harus menjadi perhatian untuk diawasi lebih ketat lagi. 

Selain hotel dan tempat hiburan malam, Dewi juga menyebut ada klaster pernikahan. Total ada 25 terinfeksi corona dari klaster ini.

"Muncul tempat-tempat baru yang berpotensi penularan. Kegiatan pernikahan sudah muncul, 25 orang terinfeksi. Walaupun kecil tetapi tetap sebuah kegiatan berpotensi tempat penularan," tutur ahli wabah alumnus UI ini. 

"Ini harus diperketat kembali. Artinya kita harus waspada," tutup Dewi. (kumparan.com)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel