Berbiaya Besar 996 Miliar, Seperti Apa Trotoar Jakarta yang Berkonsep Complete Street?


Image result for trotoar lebar jakarta


Darirakyat.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan melakukan pengerjaan pembangunan trotoar sepanjang 103 meter pada 2020. Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho mengatakan pembangunan trotoar itu nantinya akan berkonsep complete street di sejumlah ruas jalan di Jakarta. 

Konsep itu mensyaratkan tak hanya penataan trotoar, tetapi juga peningkatan jalan samping trotoar hingga lampu-lampu jalan di trotoar. 

“Misalnya yang akan dibangun complete street  ialah Jalan MT Haryono, Jalan Gatot Subroto, Jalan HR Rasuna Said, Jalan Casablanca, Jalan KH Hasyim Ashari, dan Jalan Pramuka,” ujar Hari di Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (12/11/2019). 

Ia mengatakan, trotoar yang didesain complete street nanti akan memiliki lebar lebih dari 5,5 meter.

Pembangunan trotoar complete street itu juga harus membutuhkan pengerjaan peningkatan jalan samping trotoar yang hendak dibangun. Setelah itu, pembangunan trotoarnya. 

“Lalu kelengkapan jaringan utilitasnya atau manhole dan pembangunan amenities-nya,” ucap Hari. Kemudian, pemasangan lampu-lampu jalan di trotoar itu pun masuk dalam item kelengkapan pembangunan trotoar.

“Ada juga ubin pemandu, bangku tamannya juga ada. Pokoknya komplet,” ucap Hari. Dalam trotoar complete street itu nantinya juga dibangun jalur penyeberangan, trotoar transit, dan jalur pejalan kaki penyandang disabilitas. 

Jalur sepeda yaitu jalur sepeda, area hijau, dan parkir sepeda. Adapun pembangunan trotoar ini dianggarkan sebelumnya Rp 1,2 triliun. 

Namun, setelah pembahasan dengan anggota DPRD Komisi D anggaran itu dipangkas menjadi Rp 996 miliar. (kompas.com)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel