Kode Misteri 'Gagang Telepon Tergantung' soal Menteri, Apa Maksud Postingan Jokowi?

Posting Gagang Telepon Tergantung soal Menteri, Apa Maksud Jokowi?

Darirakyat.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan kode soal pengumuman para menteri Kabinet Kerja II. Kode itu termuat dalam unggahan foto gagang telepon tergantung bertajuk 'sabar sebentar lagi'. Kode ini memunculkan misteri. Apa maksud Jokowi?

"Telepon tergantung itu simbol-simbol modern. Kalau menurut hemat saya, bisa jadi artinya masih ada yang harus dikomunikasikan dengan partai-partai yang sedang berkoalisi, atau pun dengan partai oposisi. Jadi komunikasinya belum tuntas," kata Direktur Eksekutif Indonesia Political Review Ujang Komarudin saat dihubungi, Kamis (17/10/2019).

Selain itu, Ujang menyoroti pernyataan Jokowi yang menyebut menemukan menteri itu tak sulit. Ujang menganggap pernyataan tersebut dimaksudkan untuk membangun semangat optimis.

"Itu untuk membangun keoptimisan. Kalau memang merasa tidak kesulitan, saya justru memandang hal yang berbeda. Pak Jokowi justru nampak kesulitan. Karena sekarang Pak Jokowi beda sama yang dulu. Konsistensinya dalam memilih menteri hilang. Saya contohkan, dulu melibatkan KPK, sekarang tidak," tuturnya.

Dia juga menjelaskan bahwa pernyataan Jokowi dalam posting-an tersebut bisa mengandung sindiran. Sebab, menurutnya, dalam memilih menteri saat ini Jokowi seperti kesulitan.

"Bisa saja itu sindiran. Artinya bisa jadi Pak Jokowi sulit mencari orang yang bagus. Sulit untuk mencari orang baik. Sulit mencari orang yang punya moralitas. Karena harus berkoordinasi dengan partai-partai. Sekarang kan tidak ada yang tahu perasaan Pak Jokowi seperti apa," jelasnya.

Namun ada juga anggapan bahwa gagang telepon yang tergantung itu seolah-olah menekankan pada komunikasi yang tidak ditutup, terus berlangsung namun ada salah satu pihak yang memilih meninggalkan forum komunikasi itu.

Sebelumnya, di media sosialnya seperti Instagram, Jokowi mengunggah foto gagang telepon disertai kalimat 'sabar sebentar lagi' saat berbicara tentang nama-nama menteri kabinet untuk pemerintahan periode 2019-2024. Jokowi menegaskan susunan kabinet sudah rampung.

"Siapa-siapa yang akan membantu saya di pemerintahan nanti? Sabarlah. Indonesia ini tak berkekurangan orang-orang hebat dan mampu memimpin kementerian dan lembaga, dan bersedia untuk mengabdi kepada bangsa ini," kata Jokowi di Instagram, Kamis (17/10/2019).


Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Joko Widodo (@jokowi) pada

Jokowi mengatakan para calon menteri itu tersebar di banyak bidang dan profesi. Jokowi menegaskan tak kesulitan menemukan calon-calon menterinya.

"Mereka terserak di semua bidang pekerjaan dan profesi: akademisi, birokrasi, politisi, santri, juga TNI dan polisi. Tidak sulit menemukan mereka," ujar Jokowi. (detik.com)




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel