Polisi Dalami Aliran Dana Habil Marati yang Diberikan ke Kivlan Zen untuk Pembelian Senjata Api

Hasil gambar untuk irjen iqbal

Darirakyat.com - Polisi mendalami aliran dana Habil Marati (HM) terkait rencana pembunuhan terhadap 4 tokoh nasional. Polisi menyebut Habil Marati memberi uang 15.000 SGD ke Kivlan Zen untuk pembelian senjata api.

"Ya itu sedang kita dalami, yang jelas penyidik sudah menyita alat komunikasi, sudah menyita aliran dana dan lain-lain," kata Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Muhammad Iqbal, di Kemenko Polhukam, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Selasa (11/6/2019).

Dalam rencana pembunuhan terhadap 4 tokoh nasional, Habil Marati berperan sebagai pemberi uang sebanyak 15.000 SGD atau senilai Rp 150 juta kepada Kivlan Zen. Kivlan Zen lalu mencari eksekutor dan memberi target pembunuhan 4 tokoh nasional yaitu Wiranto, Budi Gunawan, Luhut Binsar Pandjaitan, dan Gories Mere. Ada juga Yunaarto Wijaya, bos lembaga survei Charta Politika.

Selain itu, Habil Marati juga memberikan uang Rp 60 juta kepada H Kurniawan alias Iwan. Meski demikian, polisi masih mendalami peran Habil Marati lebih dalam.

Polisi menyebut, peran lengkap Habil Marati dan siapa-siapa saja dalang rusuh 22 Mei akan semakin terang.

"Itulah teknis taktik strategi penyidik, kita belum bisa sampaikan di sini, tunggu saja ini akan semakin terang," kata Iqbal.

Sebelumnya, polisi mengatakan Habil Marati sudah ditangkap di rumahnya pada Rabu 29 Mei 2019. Habil sudah ditetapkan sebagai tersangka.

Saat menangkap, polisi menyita HP yang digunakan Habil Marati untuk berkomunikasi. Ada pula printout rekening bank yang disita. (detik.com)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel