Monday, 20 November 2017

Kahiyang Diberi Marga Boru Siregar, Begini Syaratnya Dan Alasan Kahiyang Ayu Diberi Marga Siregar


Darirakyat.com, Medan - Penyematan boru Siregar akan diberikan kepada Kahiyang Ayu, dalam acara penabalan marga di kediaman Paman Bobby, Doli Sinomba Siregar di Medan, Selasa (21/11/2017).

Paman Bobby, Erwan Rozadi Nasution mengatakan untuk persiapan penabalan marga, keluarganya dari marga Nasution sudah mempersiapkan persyaratan-persyaratan apa saja yang harus dibawa.

Putri Presiden RI Joko Widodo, Kahiyang Ayu bersama suaminya Bobby Afif Nasution disuguhi 'Itak Poul-poul' makanan khas adat Mandailing saat tiba di kediaman Bobby di Medan, Sumatera Utara, Minggu (19/11/2017). Prosesi ngunduh mantu putri Presiden RI Joko Widodo, Kahiyang Ayu bersama suaminya Bobby Afif Nasution akan digelar pada 24-26 November 2017 mendatang dengan adat Mandailing. TRIBUN MEDAN/RISKI CAHYADI (TRIBUN MEDAN/Riski Cahyadi)


“Besok kami dari marga Nasution akan meminta kepada keluarga Siregar, agar Kahiyang Ayu diberikan marga Siregar,” kata Erwan di Media Center, Senin (20/11/2017).

Namun upacara adat ini tak mudah. Keluarga dari pihak Kahiyang Ayu harus membawa sejumlah persyaratan.

"Dari hasil kesepakatan kita tadi malam, kita akan membawa syarat perlengkapan seperti kain sarung, ingot-ingot atau cinderamata berupa uang logam agar tahan di simpan, tali kerbau beserta dengan makanan-makanan yang diperlukan dalam acara adat seperti wajik dan kue lainnya," ungkap Erwan.

Erwan menuturkan, tali kerbau di bawa hanya sebagai bentuk simbolis pemberian saja.
Karena menurutnya tidak mungkin membawa langsung kerbau dalam acara adat tersebut.

"Yang jelas untuk acara adat besok kita akan menyembelih satu ekor kerbau sebagai bentuk simbolis saja," jelas Erwan.(tribunnews.com/lifestyle)


Alasan Kahiyang Ayu Diberi Marga Siregar

Setelah tiba di Medan bersama sang suami, Ahad (19/11) kemarin, putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu akan kembali mengikuti acara adat Mandailing, Selasa (20/11) besok. Dia akan mendapatkan marga Siregar dalam prosesi yang digelar di rumah paman Bobby Nasution tersebut.

Paman Bobby yang akan menjadi tuan rumah, Doli Sinomba Siregar mengatakan, penabalan marga dilakukan karena Bobby menikahi Kahiyang yang bersuku Jawa. Dalam adat Mandailing, seorang pria yang menikahi wanita di luar suku harus disematkan marga ibu kandung si pria. Acara ini disebut mangalehan marga.

Menurut Doli, mangalehan marga dilakukan agar pesta adat bisa digelar. Selain itu, pemberian marga juga dilakukan agar kedudukan Kahiyang dalam lembaga adat menjadi jelas.

"Bobby ini dibesarkan secara adat Tapanuli Selatan. Karena Kahiyang bersuku di luar Tapanuli Selatan, tentu kami bertanggung jawab memberikan marga supaya pesta adat ini bisa sukses," kata Doli, Senin (20/11).

Doli merupakan kakak laki-laki dari ibu Bobby, Ade Hanifah Siregar. Dalam adat Mandailing, Bobby memanggil Doli dengan sebutan tulang (paman). Dia pun menjadi pihak yang bertanggung jawab memberikan marga sehingga acara tersebut digelar di rumahnya.

"Kebetulan saya tulangnya. Makanya saya bertanggung jawab memberikan marga untuk mempelai wanita," ujar Doli.

Tak hanya keluarga, acara pemberian marga Siregar kepada Kahiyang besok juga dihadiri para pengetua adat dan raja-raja Mandailing, terutama dari marga Nasution dan Siregar. Acara akan digelar di kediaman Doli di Jl Suka Tangkas, Medan Johor.

"Dari pihak kami si pemberi marga, tentu melibatkan semua raja-raja di kampung kami di Padang Lawas Utara. Di situ terhimpun marga Hasibuan, Harahap, Siregar, dan lain-lain, kami undang kemari. Begitu juga pihak Nasution. Yang pasti, raja-raja mandailing dibawa mereka," kata Doli. (nasional.republika.co.id)



Comments
0 Comments

0 comments