Rektor UGM Bantah Ijazah Palsu Jokowi, Begini Pernyataan Lengkapnya




Darirakyat.com - 
Universitas Gadjah Mada (UGM) turun tangan mengklarifikasi isu ijazah palsu Presiden Joko Widodo yang berkembang di media sosial.Isu itu bermula dari gugatan Bambang Tri Mulyono ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Penulis buku Jokowi Under Cover itu menyebut Jokowi menggunakan ijazah SD,SMP, dan SMA palsu saat mendaftar Pilpres 019.

Pada gugatan yang terdaftar tanggal 3 Oktober 2022 itu, Bambang memohon pengadilan menyatakan Jokowi melanggar hukum.

Ia juga menyeret Komisi Pemilihan Umum/KPU (tergugat II), Majelis Permusyawaratan Rakyat/MPR (tergugat III), dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi/Kemenristekdikti (tergugat IV) dalam gugatan itu.

Setelah gugatan itu didaftarkan, isu semakin liar. Sejumlah warganet menuduh Jokowi menggunakan ijazah palsu UGM. Rektor UGM Ova Emilia pun turun tangan. Ia menggelar jumpa pers khusus mengklarifikasi isu tersebut.

"Atas data dan informasi yang kami miliki dan terdokumentasi dengan baik, kami meyakini mengenai keaslian ijazah sarjana S1 Ir. Joko Widodo dan yang bersangkutan benar-benar lulusan fakultas kehutanan Universitas Gadjah Mada," kata Ova pada jumpa pers di Yogyakarta, Selasa (11/10).

Ova menjelaskan Jokowi resmi berkuliah di Fakultas Kehutanan UGM pada 1980. Jokowi lulus lima tahun berikutnya dan menyandang gelar Sarjana Kehutanan.

Dekan Fakultas Kehutanan UGM Sigit Sunarta juga mengklarifikasi soal perbedaan format ijazah Jokowi dengan ijazah saat ini. Dia berkata UGM belum memiliki format penulisan ijazah pada saat kelulusan Jokowi.

"Penjelasan soal format ijazah terkait Pak Jokowi dengan fakultas lain, kami sudah mencoba lihat mengenai format ijazah yang diterima Pak Jokowi dan teman satu angkatan yang lulus bersamaan. Sama artinya ditulis tulisan halus," ucap Sigit. 

Berikut pernyataan lengkap pihak UGM lewat rektor Ova Emilia, mengenai status ijazah Presiden Jokowi di kampus tersebut:

Mempertimbangkan beredarnya isu atau informasi yang terjadi di media, baik media cetak, elektronik maupun media sosial, berkenaan dengan adanya tuduhan oleh seseorang yang mempertanyakan ijazah Bapak Ir Joko Widodo, maka kami Universitas Gadjah Mada di mana Bapak Joko Widodo pernah menempuh pendidikan, perlu menyampaikan beberapa hal sebagai berikut.

Pertama, Bapak Ir Joko Widodo adalah alumni prodi S1 di Fakuktas Kehutanan Universitas Gadjah Mada angkatan tahun 1980.

Kedua, Bapak Ir Joko Widodo dinyatakan lulus dari UGM tahun 1985 sesuai ketentuan dan bukti kelulusan berdasarkan dokumen yang kami miliki

Ketiga, atas data dan informasi yang kami miliki dan terdokumentasi dengan baik, kami meyakini mengenai keaslian ijazah sarjana S1 Ir Joko Widodo dan yang bersangkutan benar-benar lulusan fakultas kehutanan Universitas Gadjah Mada.


(cnnindonesia.com)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel