Ketua DPRD Lumajang Tuai Pujian Usai Mengundurkan Diri karena Tidak Hafal Pancasila




Darirakyat.com - Setelah sempat heboh karena tidak hafal Pancasila, Ketua DPRD Lumajang, Anang Ahmad Syaifudin mundur dari jabatannya.

Sebelumnya beredar video yang diunggah oleh akun Instagram @andreli_48 bahwa sekelompok mahasiswa mengubah teks Pancasila, saat berada di gedung wakil rakyat, yang disaksikan langsung oleh Ketua DPRD Lumajang tersebut.

Dalam video tersebut diketahui bahwa Anang mengucapkan sila ke-2 dari Pancasila “Keadilan sosial bagi seluruh rakyat”, yang mana bunyi sila aslinya adalah “Kemanusiaan yang adil dan beradab”.

Setelahnya keadaan langsung ricuh, serta ada yang berkata “lawak”.

Video tersebut tersebar luas pada Minggu, 11 September 2022 kemarin.

Akibat dari sikapnya tersebut, dalam rapat paripurna di DPRD Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Anang mengumumkan dirinya akan mengundurkan diri dari jabatannya serta ia memohon maaf karena tidak hafal teks Pancasila.

“Saya dengan hati yang sangat menyesal mengumumkan bahwa saya mengundurkan diri dari posisi Ketua DPRD Lumajang,” ucap Anang dikitup Pikiran-Rakyat.com dari antaranews pada Senin, 12 September 2022.

Ia juga memohon maaf kepada masyarakat Lumajang serta khususnya kepada anggota dewan karena insiden tidak hafal teks Pancasila tersebut. Ia mengaku bahwa hal tersebut tidaklah pantas, terlebih lagi dia posisinya sebagai Ketua DPRD yang merupakan wakil rakyat.

Saat diwawancarai setelah rapat, Anang berkata bahwa keputusannya tersebut bukanlah paksaan dari siapapun melainkan untuk menjaga kehormatan dan nama baik DPRD kabupaten Lumajang dan juga supaya dijadikan pembelajaran bagi siapapun yang menjadi pemimpin.

“Tidak ada paksaan dari siapapun, itu murni bentuk kecintaan saya pada Pancasila dari hati dan pikiran saya. Memang mungkin tidak salah tidak hafal Pancasila, namun itu tidak pantas jika yang tidak hafal adalah ketua DPRD,” tuturnya kepada wartawan seperti yang dikutip Pikiran-Rakyat.com dari antaranews.

Respons Netizen

Pengumuman pengunduran diri tersebut mendapatkan respons positif dari netizen Instagram pada komentar di akun @andreli_48 yang mengunggah keputusan tersebut.

Akun Instagram bernama @ronnyshilman berkomentar, “Ini pemimpin yang AMANAH”.

Akun Instagram lain dengan nama pengguna @handisa93 mengatakan, “Salut… Setidaknya anda masih terlihat gentle dan terhormat pak.”

Akun-akun lainnya juga banyak yang memuji keputusan Ketua DPRD Lumajang tersebut. Mereka salut akan keputusan Anang yang mau mengakui kesalahannya dan mundur dari jabatannya sebagai ketua DPRD Lumajang. (pikiranrakyat.com)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel