Heboh Foto Viral Gunung Gede Pangrango, Begini Menurut Analisa Roy Suryo




Darirakyat.com - Pakar Telematika Roy Suryo ikut mengomentari foto viral Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat yang terlihat jelas dari Jakarta Pusat.

Foto tersebut diambil oleh Youtuber sekaligus photographer Ari Wibisono lalu diunggah ke akun Instagram miliknya @wibisono.ari, Rabu, 17 Februari 2021.

Setelah diunggah, foto tersebut banyak mendapat pujian termasuk dari Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta.

Mereka memujinya dengan cara mengunggah ulang melalui media sosial Twitter, caption yang sama namun dengan akun Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta.

Meskipun banyak yang memuji, ada juga yang meragukan keaslian foto tersebut.

Salah satunya adalah photographer senior Arbain Rambey yang menyebutkan foto tersebut adalah tempelan, seperti yang sudah diberitakan PikiranRakyat-Indramayu.com sebelumnya.

Menurutnya, cara pengambilannya menggunakan lensa tele dengan posisi pengambilan gambar yang cukup jauh.

Berbeda dari Arbain, Roy Suryo malah menyebutkan foto tersebut bukanlah tempelan.

Pernyataannya itu dikutip PikiranRakyat-Indramayu.com dari akun Twitter miliknya @KRMTRoySuryo2, Kamis, 18 Februari 2021.

"Tweeps, Lagi heboh foto karya Ari Wibisono di Instagram tentang foto Gunung Pangrango yang sangat jelas, seperti bebas polusi. Ini memang bukan Foto tempelan," ujarnya.

Meskipun mengatakan bukan foto tempelan, tak berarti gambar tersebut benar-benar asli.

Roy Suryo melanjutkan bahwa foto tersebut adalah hasil editan atau istilah lainnya retouch.

Hasil editan ini menurutnya dipadukan dengan mengatur pencahayaan, jelas atau tidaknya suatu objek, bayangan sampai dapat mengatur kontras.

"Bandingkan foto asli kiri dan hasil edit kanan," ujarnya.

Warganet yang mengikuti akun Twitter miliknya juga tak mau ketinggalan mengomentari hasil kerjanya tersebut.

Seperti yang diutarakan oleh akun @Semoet_outbound. Dia menuturkan bahwa foto tersebut adalah tempelan.

Alasannya karena dia mengetahui persis ukuran gunung yang saat di foto terlihat begitu besar.

"Tempelan. Foto gunungnya terlalu dekat. Saya yang tinggal di Gadog Megamendung aja ngak sedekat ini kelihatan gunungnya," ujarnya.

Berbeda dengan warganet sebelumnya, akun @lutfiabinufail berkomentar sedikit menyimpang.

"Intinya gunungnya keliatan, yang dulunya nyaris tidak pernah keliatan gunung dari Jakarta; gitu. Pesan dan kesan dari foto tersebut: Pada ngga redho banget sih, orang Jakarta bisa liat gunung? herman gw," ujarnya.

Akun @SanRusli berkomentar sedikit masuk akal. Dia mengatakan bahwa foto tersebut adalah editan karena tidak mungkin dapat mengambil gambar gunung dari jarak yang cukup jauh dengan ukuran besar.

"Pak saya tinggal di Cibinong, Bogor. Kalau gunung gede sebesar itu kayaknya gak mungkin deh. Saya sering ambil poto dari Stadion Pakansari gak bisa sebesar itu gunung nya, gimana kalo ngambil poto nya di Jakarta?," ujarnya sambil bertanya.(pikiranrakyat.com)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel