Soal Ceramah Viral MRS 'Penggal Kepala', Begini Tanggapan Tegas Putri Gus Dur




Darirakyat.com - Putri Presiden Republik Indonesia ke-4 Abdurrahman Wahid, Alissa Wahid mengungkapkan penolakan kerasnya atas ceramah MRS dalam sebuah video yang tengah viral di media sosial.

Menurut Alissa Wahid, ceramah yang mengajak untuk berbuat kekerasan itu bukan sepatutnya dilakukan oleh muslim. Ia menolak dan tak ingin diatasnamakan dengan memunculkan tagar #TidakAtasNamaSaya.

Dalam cuitan di akun Twitter pribadi miliknya @AlissaWahid mengungkapkan bahwa dirinya sebagai seorang muslim tidak menerima segala bentuk ajakan kekerasan yang menggunakan dalih agama.

“Kalau ada ceramah mengatakan "jangan salahkan umat Islam kalau besok kepalanya dipenggal di jalan" itu #TidakAtasNamaSaya. Saya Muslim, & menolak diatasnamakan untuk tindak kekejian seperti itu. #NotInMyName,” cuit Alissa Wahid dikutip pada Rabu, 18 November 2020.


Tangkapan Layar Cuitan Alissa Wahid:* Twitter/@AlissaWahid

Lebih lanjut, Koordinator Nasional Jaringan Gusdurian tersebut juga menjelaskan bahwa ceramah MRS dalam video berdurasi 0:40 detik itu sudah termasuk kategori Incitement to Violence atau suatu hasutan untuk melakukan kekerasan.

“Pada dasarnya, ceramah seperti itu sudah masuk kategori Incitement to Violence (hasutan untuk melakukan kekerasan). Bahaya sekali,” tulisnya dalam cuitan lain.(pikiranrakyat.com)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel