Dipertanyakan Anggaran Formula E di Jakarta 2 Kali Lipat Ketimbang di Hong Kong

Image result for formula e dibongkar

Darirakyat.com -
Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDI Perjuangan, Gilbert Simanjutak, mempertanyakan anggaran Formula E yang digelontorkan Pemprov DKI. Anggaran itu ternyata dua kali lipat lebih besar dari pelaksanaan balap mobil listrik serupa di Hong Kong.

Menurutnya, besarnya anggaran pelaksanaan racing di Hong Kong Berkisar HK$250-300 juta atau setara Rp540 miliar, dengan kurs saat ini. Sementara itu, anggaran yang dialokasikan DKI untuk Formula E ini sebesar Rp1,16 triliun.

"Jadi pertanyaan besar adalah apa yang membedakan biaya penyelenggaraan di Jakarta dua kali lipat biaya di Hong Kong, sementara bahan untuk membangun ada di Indonesia seperti semen, batu, dan lainnya. Apa dasar biaya penyelenggaraan di Jakarta membengkak?" ungkap Gilbert dalam keterangan resminya, Jakarta, Selasa (11/2).

Gilbert menuturkan dari besaran anggaran Formula E itu, Gubernur Anies Baswedan tidak jelas sasarannya siapa yang dijadikan leading sector. Dana paling besar, kata Gilbert, dipegang Jakarta Propertindo (Jakpro) yang bisnis utamanya infrastruktur.

"Padahal target dari Jakpro adalah menaikkan jumlah turis pariwisata ke Jakarta. Hal inilah yang menjadi pertanyaan," ujar Gilbert.

Formula E Holding seharusnya juga memberi kontribusi kepada kegiatan ini, seperti yang dilakukan di negara lain. Ia sudah mencoba mencari data, namun sampai saat ini tidak diketahui apa saja yang menjadi tanggung jawab DKI dan Formula E Holding. Pun tidak ditemukan rencana pengelolaan sirkuit track setelah kegiatan ini selesai.

"Tentunya ini akan membutuhkan pemeliharaan yang tidak sedikit. Kejadian Formula E di Montreal, Kanada, 2016-2017 merugi. Moskow membatalkan balap ini karena acara selama 2 hari akan membuat kota tersebut makin macet dan dianggap tidak rasional," pungkas Gilbert. (mediaindonesia.com)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel