Viral Posisi Kaki Jokowi Saat Duduk, Guru Yoga Sampai Terheran-heran. Ini Kata Dokter


Posisi kaki Jokowi saat duduk disebut bikin ngilu. (Foto: Tangkapan layar viral)
Posisi kaki Jokowi yang tampak menyilang viral.

Darirakyat.com -  Posisi duduk kaki Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat duduk lesehan di undukan Istana pagi tadi menarik perhatian publik. Cara duduk Jokowi menjadi perbincangan karena kakinya terlihat menyilang dan menekuk-nekuk. 

Instruktur yoga Astrid Amalia mengatakan dirinya kagum melihat kelenturan kaki Jokowi. Menurutnya, tidak semua orang bisa melakukannya karena susah.

"Saya yang guru yoga aja kagum dengan kelenturan Jokowi. Hanya orang tertentu saja yang bisa," katanya saat dihubungi detikcom, Rabu (23/10/2019).

Astrid mengakui bahwa posisi duduk Jokowi memang kurang lazim karena hanya bisa dilakukan oleh orang-orang tertentu. Menurutnya, posisi duduk ini hanya bisa dilakukan oleh orang yang memiliki telapak kaki panjang. 

Dalam gerakan yoga, posisi duduk yang lazim dipraktekkan adalah Sukhasana, yaitu posisi duduk menyilangkan kaki. Menurut Astrid, inipun kebanyakan orang kurang bisa melakukannya karena kurang lentur.

"Berarti kaki Jokowi panjang dan lentur. Keren banget. Berarti dia sehat dan banyak bergerak. Mungkin banyak jalan, lari dan berolahraga, terutama melakukan stretching. Perlu ditiru," ujarnya.

Dokter: Kemungkinan Hyperlaxity

Dalam foto tersebut kaki Jokowi terlihat menyilang dan menekuk-nekuk. Melihat hal ini, dr Michael Triangto, SpKO, spesialis dokter kesehatan olahraga, ikut memberikan komentar.

Hyperlaxity atau sendi ganda merupakan kondisi di mana persendian lebih mudah bergerak daripada rata-rata sendi pada umumnya. 

Menurut dokter Michael, memang ada beberapa orang yang memiliki kondisi ini. Namun, kondisi ini bukanlah sesuatu yang umum.

"Ini memang beda dari yang biasanya. Tidak semua orang bisa duduk seperti ini," pungkasnya. (detik.com)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel