Viral, Gara-gara #DiRumahAja Ayah Khong Guan Pulang Berkumpul Bersama Keluarganya

Media Indonesia

Darirakyat.com -
Ilustrasi halaman depan koran Media Indonesia ramai diperbincangkan. Ilustrator harian ini menampilkan "keluarga Khong Guan" lengkap dengan sang ayah yang ada di tengah keluarga karena bekerja dari rumah.

Gambar tersebut adalah ilustrasi untuk berita berjudul Produktif dari Rumah yang menjadi berita utama pada Senin (16/3). "Cover Harian Umum Media Indonesia edisi hari ini, Senin (16/3/2020), mengajak seluruh masyarakat untuk tetap produktif dari rumah," tulis redaksi Media Indonesia di situs resminya.

Redaksi Media Indonesia mengajak masyarakat membatasi aktivitas luar ruangan dan saling menjaga jarak (social distancing) sehingga rantai penularan covid-19 dapat diredam. Aktivitas kerja tetap dilakukan secara produktif, kata redaksi, tetapi hal itu didorong agar dilakukan secara daring dari rumah.

Ilustrasi ini menuai pujian dari warganet yang menganggapnya sebagai pendekatan kreatif terhadap isu telekerja.

Media Indonesia melaporkan bapak keluarga Khong Guan akhirnya pulang berkat kebijakan work from home. ๐Ÿ˜‚
View image on Twitter
646 people are talking about this
Gambar di kaleng biskuit Khong Guan ini memang melegenda dan kerap diproduksi ulang untuk menanggapi berbagai isu terkini di masyarakat, termasuk juga soal virus korona baru COVID-19. Contohnya cuitan dari akun resmi Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) berikut ini:

Menghadapi virus corona?

Tidak perlu khawatir Sob... Ikuti kata Mimin, lakukan langkah-langkah berikut ini yaah! Cukup sederhana dan mudah untuk dilakukan.
View image on TwitterView image on Twitter
155 people are talking about this

Tahukah kamu siapa penggambar asli ilustrasi "Keluarga Khong Guan" ini? Dia adalah Bernardus Prasodjo, lulusan Fakultas Seni Rupa Institut Teknologi Bandung.

Bernardus bercerita, ide lukisan di kaleng itu datang dari produsen pada 1971. Tugasnya hanya melukis ulang gambar tersebut menggunakan cat air.

Lantas, kemanakah sosok ayah di gambar tersebut? Bernadus mengungkapkan bahwa sang ayah tidak tampak karena dia sedang memotret keluarga tercintanya.

Saat ditanya lebih lanjut mengapa sosok ayah ditempatkan memotret keluarganya, Bernadus menjawab, “Menurut saya itu cuma untuk mempengaruhi ibu rumah tangga saja supaya beli,” kata Bernardus.

“Mungkin yang penting ya ada ibunya di situ. Bapaknya nggak penting, karena yang belanja ibunya kok. Ya saya ikuti saja mereka (perusahaan) maunya apa,” kata Bernardus. (today.line.me)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel