Piala Dunia U-20 Batal di RI, Ganjarist Tak Khawatir Dukungan Jokowi Berpindah



Darirakyat.com -
Plt Ketua Umum Kornas Ganjarist, Kris Tjantra, tak khawatir dukungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo akan berpindah usai FIFA batalkan Piala Dunia U-20 di Indonesia. Kris menilai Jokowi memberikan dukungan kepada semua capres potensial.

"Kami Ganjarist tidak melihatnya begitu ya (dukungan berpindah). Kami melihat bahwa Pak Presiden saat ini mendukung semuanyalah yang berpotensi untuk menjadi capres. Jadi kami melihat bahwa itu bukan karena U-20 jadi dukungan berubah," kata Kris dihubungi, Kamis (30/3/2023).

Kris menyebut Ganjarist tetap solid mendukung Ganjar Prabowo maju Pilpres. Ia menyebut Ganjar masih menjadi sosok terbaik untuk pemilu mendatang.

"Ya kalau Pak Jokowi mendukung Ganjar ya kami sangat senang. Jadi sampai saat ini Ganjarist tetap fokus aja. Kami tidak melihat calon lain yang lebih baik daripada Ganjar Pranowo. Saat ini kami melihat bahwa Ganjar Pranowo masih menjadi pilihan utama kami untuk diusung menjadi capres 2024," tutur Kris.

Kris tak khawatir kalaupun ada pergeseran dukungan Jokowi ke calon lain seperti Prabowo Subianto. Ia menyebut fokus untuk pemenangan Ganjar di pilpres.

"Sama sekali tidak ada kekhawatiran. Jadi ya terkait masalah U-20 ini kita jangan terlalu membahas ini berlebihan karena masih ada persoalan bangsa yang masih harus kita atensi bukan sekadar U-20 ini," tutur Kris.

"Apalagi Pak Ganjar juga di sisa waktunya sebagai gubernur ke depan ada banyak kerja-kerja yang harus dia selesaikan untuk meninggalkan legasi yang lebih baik," sambungnya.

Ganjar Tolak Israel Berlaga di Piala Dunia U-20

Ganjar menyuarakan penolakannya terhadap timnas Israel. Ganjar menyebutkan penolakan itu wujud dari upaya bersama untuk mendukung kemerdekaan Palestina sesuai dengan amanat Presiden RI pertama, Sukarno.

"Kita sudah tahu bagaimana komitmen Bung Karno terhadap Palestina, baik yang disuarakan dalam Konferensi Asia-Afrika, Gerakan Non-Blok, dan maupun dalam Conference of the New Emerging Forces. Jadi ya kita ikut amanat beliau," kata Ganjar dalam keterangan tertulis, Kamis (23/3).

FIFA Batalkan Piala Dunia U-20 di RI

Seperti diketahui, FIFA membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 yang seharusnya digelar pada 20 Mei hingga 11 Juni.

Keputusan tersebut setelah Ketua PSSI Erick Thohir bertemu dengan Presiden FIFA Gianni Infantino pada Rabu (29/3). Erick menemui pihak FIFA untuk mencari solusi terkait penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di Indonesia di tengah ramai penolakan datangnya Timnas Israel.

Pada hari yang sama, FIFA mengumumkan Piala Dunia U-20 digelar di Indonesia.

"FIFA telah memutuskan, karena keadaan saat ini, untuk membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah FIFA U-20 World Cup 2023," demikian keterangan di situs resmi FIFA.

Namun FIFA belum mengumumkan negara yang akan bertindak sebagai tuan rumah menggantikan Indonesia. FIFA memastikan jadwal Piala Dunia U-20 tidak berubah.

(detik.com)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel