Pesawat Susi Air Dibakar KKB di Papua, Begini Respons Susi Pudjiastuti



Darirakyat.com
- Pemilik maskapai Susi Air, Susi Pudjiastuti merespons dugaan salah satu pesawatnya dibakar KKB saat membawa lima orang penumpang di Bandara Paro, Nduga, Papua Tengah. Susi memohon doa agar pilot dan penumpang selamat."Mohon dukungan & doa semoga pilot kami di Nduga Paro diberikan lindungan Allah SWT .. Bisa kami jemput selamat," cuit Susi di akun Twitter pribadinya, seperti dilansir dari detikFinance, Selasa (7/2/2023).

Sementara Representatives Susi Air, Donal Fariz, membeberkan kronologi terbakarnya pesawat tersebut. Dia menyebut pesawat itu diduga terbakar pukul 06.35 WIT pagi tadi.

"Susi Air terus berupaya mencari keberadaan pilot dan penumpang lainnya karena hingga saat ini belum bisa dihubungi.Kami berharap otoritas berwenang bisa bergerak cepat untuk menemukan pilot dan penumpang," ujar Donal dilansir dari detikNews, Selasa (7/2/2023).

Berikut kronologi pesawat Susi Air terbakar:

Pukul 06.35 WIT

Pesawat Susi Air Pilatus Porter PC 6/PK-BVY di Bandara Paro lost contact sekitar pukul 06.17 WIT, pada saat melaksanakan penerbangan dengan rute Timika-Paro-Timika dengan membawa 5 penumpang dan barang bawaan dengan total muatan 452 kg.

Pukul 09.12 WIT

Dua jam kemudian Susi Air mendapati ELT pesawat dalam posisi aktif pukul 09.12 WIT. Perusahaan kemudian menjalankan kondisi emergency di internal perusahaan dengan mengirimkan pesawat lain mengecek posisi Pesawat dan kemudian ditemukan dalam kondisi terbakar di runway.

Donal memastikan pesawat tidak mengalami gangguan teknis. Sebab, pesawat mendarat dan terparkir dengan aman.

"Dugaan sementara terbakarnya pesawat bukan karena gangguan teknis. Hal ini disebabkan karena pesawat mendarat dan parkir dengan Aman," katanya.

Donal mengatakan pihak Susi Air sedang mencari tahu penyebab terbakarnya pesawat.

"Kami bersama otoritas terkait sedang mencari tau apakah ada sabotase dari kelompok tertentu untuk melakukan pembakaran," tegasnya.

Sebelumnya, pesawat Susi Air yang terbakar di Bandara Paro, Nduga, Papua Tengah ternyata dibakar oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB). Sampai saat ini, lima penumpang dan pilot pesawat itu dilaporkan hilang dan diduga disandera oleh KKB.

Pesawat itu dipiloti oleh Kapten Philips. Selain dia ada lima penumpang di antaranya adalah Demanus Gwijangge, Minda Gwijangge, Pelenus Gwijangge, Meita Gwijangge, dan Wetina W. (detik.com)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel