Di Balik Permintaan Kapolda Jambi Agar Anak Buah Diutamakan Lebih Dulu





Darirakyat.com - 8 Korban kecelakaan helikopter Polri di Hutan Kerinci Jambi, termasuk Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono berhasil dievakuasi oleh tim search and rescue (SAR) gabungan hari ini. 

Proses evakuasi pun diwarnai keharuan lantaran Irjen Rusdi enggan dievakuasi sebelum 7 anggotanya selesai dievakuasi."Kapolda Jambi mengutamakan anak buahnya dulu atau anggota yang dievakuasi," kata Karo Penmas Divhumas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan, Selasa (21/2/2023).

Usai ketujuh anak buahnya dibawa tim penyelamat, terakhir, giliran Irjen Rusdi dievakuasi. Kabar proses evakuasi mantan Karo Penmas Divisi Humas Polri ini disampaikan oleh akun Instagram resmi Polda Jambi, @polda_jambi.

"Alhamdulillah Kapolda Jambi Irjen Pol. Rusdi Hartono telah berhasil dievakuasi," tulis akun @polda_jambi.

Seperti diketahui, Irjen Rusdi Hartono dan rombongan mengalami kecelakaan saat mendarat darurat di Perbukitan Tamiai, Muara Empat, Kabupaten Kerinci, Jambi, pada Minggu (19/2). Proses evakuasi Irjen Rusdi dan rombongan memakan waktu 3 hari karena terkendala cuaca berkabut dan medan tebing yang terjal.

Pada proses evakuasi hari ketiga, ada 6 helikopter yang disiagakan. Korban yang dievakuasi terlebih dulu adalah pilot helikopter AKP Ali Nurdin S Harahap, Direskrimum Polda Jambi Kombes Andri Ananta Yusdhistira, Dirpolairud Polda Jambi Kombes Michael Mumbunan, kopilot AKP Amos Freddy P Sitompul, dan ADC Kapolda Jambi Briptu Muhardi Aditya.

Sementara itu, tiga orang yang dievakuasi terakhir adalah Koorspripim Kompol Ayani, mekanik Aipda Susilo, dan Irjen Rusdi Hartono. Evakuasi Kapolda Jambi dan rombongan yang menjadi korban kecelakaan helikopter dilakukan secara bertahap.

Alur Evakuasi Kapolda Jambi dan 7 Polisi Korban Kecelakaan Heli

Polri menjelaskan alur evakuasi Irjen Rusdi Hartono dan 7 anggotanya yang menjadi korban kecelakaan helikopter di Hutan Kerinci. Evakuasi diawali dengan mengangkat korban menggunakan helikopter dari hutan.

"Proses evakuasi disampaikan menggunakan metode hoist atau alat bantu angkat beban dengan menggunakan teknik repling. Jadi tali dari helikopter ke bawah dan ditarik ke atas," kata Brigjen Ahmad Ramadhan di Mabes Polri sore tadi.

Dia mengatakan para korban yang dievakuasi dari hutan Kerinci kemudian dipindahkan ke pos Merangin di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Mantan Kabag Penum Divisi Humas Polri ini mengatakan waktu tempuh dari lokasi korban di hutan ke pos Merangin sekitar 15 menit.

"Jadi jarak tempuh dari titik lokasi sampai pos Merangin kurang lebih 15 menit, kemudian akan dilakukan penanganan awal, kemudian juga nanti akan diteruskan ke RS Bhayangkara Jambi," kata Ramadhan.

Sementara, dari pos Merangin ke RS Bhayangkara Jambi memerlukan waktu 1 jam dengan helikopter menuju Bandara Sultan Thaha, Jambi. "Perkiraan jarak atau waktu dari Merangin ke RS Jambi membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam dengan menggunakan transportasi udara atau heli," imbuh dia.

Kondisi Kapolda Jambi Stabil, Sempat Bicara dengan Kapolri

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo terbang langsung ke Jambi untuk memantau proses evakuasi Irjen Rusdi Hartono. Dia mengaku telah bertemu dengan Irjen Rusdi Hartono.

"Saya sempat bertemu dengan Kapolda Jambi yang baru saja mendarat. Kondisinya sadar, cukup stabil, dan saya sempat berbincang-bincang dengan beliau dan sekarang sedang dibawa ke rumah sakit," ucap Sigit di Posko evakuasi, Kota Jambi, sore tadi.

Sigit juga mengatakan sempat berbincang dengan Rusdi. Sigit pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim evakuasi.

"Saya selaku Kapolri mengucapkan terima kasih atas kerja sama seluruh tim yang telah berhasil melaksanakan kegiatan evakuasi penyelamatan," ujarnya.

(detik.com)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel