Amien Rais Tegaskan Tak Dukung Capres Doyan Pencitraan: Gendong Anak, Bagi Sepeda dan Masuk Got




Darirakyat.com - Ketua Majelis Syura Partai Ummat, Amien Rais, mengungkapkan partainya telah memilih kriteria calon presiden atau capres yang akan didukungnya pada Pemilu 2024 mendatang.

Ia menyebut, Partai Ummat tidak mencari figur capres yang hanya berdasarkan pencitraan dalam membangun citranya agar dapat dipilih.

Tetapi, kata Amien, partainya mencari figur yang benar-benar memiliki visi untuk kemajuan masa depan Indonesia.

"Jadi, kita memang tidak boleh memilih seseorang yang hanya karena lihai di dalam image building, yaitu pada pesona," kata Amien Rais dalam pernyataannya yang dikutip dari Kompas.com, Minggu (12/2/2023).

"(Seperti) menggendong-gendong anak, bagi-bagi sepeda dan masuk ke got muncul lagi, kemudian bagi-bagi sembako malam hari, dan buang-buang hadiah di sepanjang jalan sehingga rakyat memburu hadiah itu sikut-sikutan dan menikmati. Semoga tidak seperti itu insya Allah."

Menurut Amien Rais, capres yang kelak diusung Partai Ummat harus mengutamakan kepentingan bangsa di atas kepentingan pihak luar agar dapat melindungi kedaulatan bangsa dengan sungguh-sungguh.

"Jangan sampai kita kalau kata Pak Ketum itu jadi negara komprador, yang melayani kepentingan di luar," ucap Amien.

Ia pun mengingatkan, Indonesia memiliki sumber daya alam (SDA) yang mampu berdiri sendiri.

Namun, ia melihat SDM Indonesia justru digunakan lebih besar untuk kepentingan luar negeri dibandingkan bangsa sendiri.

"Jelas sekali kita amat sangat peka dalam hal kezaliman yang terjadi itu bagaimana kita punya sumber daya alam yang melimpah-limpah, apakah itu batu bara, minyak, mineral," ucap Amien.

"Kemudian juga ada hutan dan lain-lain itu sepertinya dari tahun ke tahun tidak ada perubahan, digotong ke luar negeri sisanya untuk bangsa yang kembang kempis, dan terjadi kesenjangan sosial yang luar biasa."

Sementara itu, Ketua Umum Partai Ummat Ridho Rahmadi mengatakan partainya akan mengundang tiga bakal capres yang didukung Pratai Ummat.

Ketiga bakal capres itu antara lain Anies Baswedan, Gatot Nurmantyo dan Prabowo Subianto. Mereka disebut bakal hadir dalam Rakernas Partai Ummat. (kompas.tv)

Dari tiga orang yang diundang, dua orang yaitu Anies dan Gatot disebut sudah mengonfirmasi akan hadir dalam rakernas tersebut.

Sementara, Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto belum ada konfirmasin akan kehadirannya.

Ketiga orang itu dijadwalkan memaparkan presentasinya soal Indonesia di masa depan. Partai Ummat disebut akan menggali lebih dalam terkait visi misi ketiganya untuk Indonesia.

"Untuk bacapres-bacapres tersebut supaya kita gali gagasan-gagasan ide-idenya, visi dan misi untuk Indonesia di masa mendatang," kata Ridho.

"Itu kita akan buat satu forum di mana nanti Pak Anies, Pak Gatot atau Pak Prabowo bisa menyampaikan dalam tiga puluh menit itu pemaparan-pemaparan beliau kita ingin dengar yang akan kita sebarluaskan akan kita broadcast juga ketika acara nanti di rakernas." (kompas.tv)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel