Rocky Gerung Sindir Koalisi Perubahan Batal Deklarasi: Ada Transaksi Partai dan Kedunguan



Darirakyat.com
- Wacana Koalisi Perubahan yang mengusung Anies Baswedan sebagai bakal capres 2024 batal deklarasi 10 November lalu. Pendiri Perhimpunan Pendidikan Demokrasi (P2D) Rocky Gerung menilai gagalnya deklarasi pengusung Anies terkait transaksi partai.

"Itu bedanya, kalau relawan nggak mungkin gagal kan (deklarasi). Kalau partai pasti ada transaksi," kata Rocky Gerung dilansir detikJatim, Senin (14/11/2022).

Menurut Rocky, gagalnya deklarasi koalisi pengusung Anies juga menjadi dampak panjang dari parpol yang tidak memprotes soal presidential threshold (PT) atau ambang batas pencapresan sebesar 20%.

"Karena namanya koalisi itu transaksi yang panjang dan itu kedunguan dari partai-partai yang nggak mau protes 0% (PT)," jelasnya.

"Kalau tetep 20% akibatnya begitu kan? Jadi semua akibat dari sistem elektoral yang dipasang 20 persen, yang saya perjuangkan nol persen," sambungnya.

Rocky menyebut seandainya PT tidak 20% dan menjadi 0%, sudah pasti Koalisi Perubahan melakukan deklarasi pada 10 November. "Kalau PT-nya nol persen, nggak akan ada penundaan kayak tadi. Ya, Anies bisa berdiri sendiri aja, kalau hitungan bukan 20 persen," tandasnya.(detik.com)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel