Polisi Belum Tangkap Pengunggah Olok-olok Foto Iriana-Ibu Negara Korsel, Ini Alasannya




Darirakyat.com -
Media sosial dihebohkan dengan unggahan foto Iriana Jokowi dengan Ibu Negara Korsel, Kim Keon-hee, yang kemudian jadi bahan olok-olok salah satu akun Twitter.

Polisi belum menangkap pengunggah olok-olok yang diketahui warga Bantul, DIY, tersebut. Apa alasannya?

Kabid Humas Polda DIY Kombes Yuliyanto menjelaskan, kasus ini masuk dalam delik aduan. Sehingga perlu ada laporan polisi (LP) dari pihak yang merasa dirugikan.

"Polda DIY belum melakukan penangkapan. Ini delik aduan, ada LP dari pihak yang dirugikan," kata Yuliyanto saat dimintai konfirmasi wartawan terkait kabar adanya penangkapan terhadap komikus tersebut, Minggu (20/11/2022).

Hingga saat ini, Yuliyanto menyebut belum ada laporan yang masuk ke SPKT Polda DIY maupun Polres jajaran.

"Sampai saat ini di SPKT Polda DIY dan jajaran belum ada LP terkait peristiwa tersebut," jelasnya.

Diunggah Warga Bantul

Diberitakan sebelumnya, pengunggah foto Iriana Jokowi dan Ibu Negara Korsel itu diketahui merupakan warga Bantul, DIY.

Upaya konfirmasi telah dilakukan detikJateng dengan mengunjungi kediaman pemilik akun di Kasihan, Bantul. Rumah pemilik akun tersebut berada di ujung gang yang di sebelahnya terdapat tanah lapang.

Saat ditemui untuk konfirmasi, awalnya ia bersedia untuk diwawancara. Namun, pada saat dikunjungi detikJateng pria yang akrab disapa Jati itu sedang berbincang bersama sang kuasa hukumnya di kediamannya.

"Ini (bertemu) sama pengacara saya saja," kata pemilik akun @KoprofilJati kepada detikJateng saat ditemui di rumahnya, pada Sabtu (19/11).

Namun, usai dirinya berkonsultasi dengan pengacaranya, pria itu mengurungkan niatnya untuk diwawancara.

"Maaf, lain kali saja ya," katanya.

Dimintai konfirmasi kedua kalinya pada hari yang sama, tim detikJateng kemudian bertemu dengan istri si pemilik akun tersebut. Wanita itu enggan berkomentar lebih, ia meminta tim detikJateng untuk konfirmasi dengan kuasa hukum secara langsung.

"No comment dulu deh, nanti (komunikasi) sama kuasa hukum saja," kata sang istri si pemilik akun. 

Sebelumnya, Bareskrim Polri turun tangan terkait kasus meme ibu negara Iriana Joko Widodo (Jokowi) bersama ibu negara Korea Selatan Kim Keon Hee viral dijadikan bahan olokan. Bareskrim mendeteksi adanya unsur pidana.

Keramaian ini bermula ketika seorang netizen mengunggah foto Iriana dengan Kim Keon Hee. Dilihat detikcom, Kamis (17/11), foto tersebut menampilkan Iriana tampak senyum mengenakan baju dan kerudung merah muda dan berdiri di samping Kim Keon Hee, yang mengenakan baju putih.

Foto Iriana dan Kim Keon Hee diposting akun Twitter @KoprofilJati. Bareskrim menyebut olok-olokan meme itu mengandung unsur pidana.

"Kita sudah temukan unsur dugaan pidananya," kata Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Adi Vivid saat dimintai konfirmasi, Jumat (18/11).

Namun Adi belum merinci apa yang menjadi unsur pidana dalam postingan tersebut. Menurutnya, saat ini Bareskrim Polri tengah menyelidiki profil dari pengunggah meme tersebut.

"Betul, kita sedang lidik identitas pelaku," ujarnya.


(detik.com)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel