Terkuak! Foto Brigadir J Terkapar Usai Diek_sekusi Ternyata Ditemukan di Recycle Bin!



Darirakyat.com - Komnas HAM menemukan foto penting penampakan Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J dalam kondisi terkapar usai dieksekusi di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo, Duren Tiga, Jakarta Selatan. 

Komnas HAM mengungkap, foto penting itu ternyata ditemukan di recycle bin alias tempat sampah komputer.Dilansir detikNews, foto tersebut ditunjukkan pada saat konferensi pers penyampaian hasil dan rekomendasi Komnas HAM kepada Polri, Kamis (1/9). Foto itu merupakan gambar Brigadir J yang terkapar setelah peristiwa penembakan, Jumat (8/7).

"Jadi beberapa foto yang kami temukan khususnya di tanggal 8 Juli itu, kami temukan di tempat sampah, di recycle bin, di mekanisme tersebut," ujar Komisioner Komnas HAM Choiril Anam kepada wartawan di kantornya, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (3/9/2022).

Anam mengatakan, temuan itu menunjukkan ada usaha menghapus foto tersebut.

"Jadi bukan diambil dari barang yang nggak dihapus, tapi itu diambil dari barang yang dihapus," ujarnya.

Foto tersebut menjadi bagian penting dalam membuat terang peristiwa tewasnya Brigadir J. Anam mengatakan foto itu diambil kurang dari satu jam setelah penembakan.

"Sehingga kita tahu bagaimana posisi dan bagaimana yang terjadi di saat setelah peristiwa, di tanggal yang sama dan kurang dari satu jam," katanya.

Seperti diketahui, Brigadir J tewas dengan luka tembak di tubuhnya. Penembakan itu terjadi di rumah dinas Ferdy Sambo, Duren Tiga, Jakarta Selatan (8/7).

Dalam kasus ini, lima orang ditetapkan sebagai tersangka. Mereka adalah Bharada Richard Eliezer atau Bharada E, Irjen Ferdy Sambo, Bripka Ricky Rizal, Kuat Ma'ruf, dan istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi.

Mereka dijerat Pasal 340 KUHP tentang Pembunuhan Berencana subsider Pasal 338 KUHP tentang Pembunuhan juncto Pasal 55 juncto 56 KUHP. Kecuali Putri, keempat tersangka sudah ditahan. (detik.com)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel