Belum Ada yang Berani Selain Jokowi dan Soekarno, Warga Ende NTT Bangga dan Haru



Darirakyat.com
- Seorang warga asli dari NTT, Fredi Kako menyoroti keberanian Jokowi menginjakkan kaki di tanah Ende pada Rabu, 1 Juni 2022.

Seperti diketahui, Jokowi sendiri tiba di Ende NTT untuk memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila ditemani Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Kedatangan Jokowi dinilai cetak sejarah baru lantaran setelah Indonesia merdeka, belum ada presiden selain Soekarno yang bersedia menyambangi Ende, tempat lahirnya Pancasila.

"Bayangkan saja selama Indonesia merdeka atau setelah Indonesia merdeka presiden yang pernah datang ke kota Ende belum ada selain Soekarno. Setelah Soekarno jadi presiden, belum ada sama sekali," ujarnya.

Oleh karena itu selaku warga NTT, Fredi bangga dan meyakini bila masyarakat di sana pun ikut merasakan hal yang sama.

"Kedatangan Presiden Jokowi kali ini menurut saya dan juga mungkin menurut masyarakat NTT itu adalah kedatangan paling spesial dari beberapa kedatangan-kedatangannya," kata Fredi Kako.

Di sisi lain, Fredi sendiri tak mengerti kenapa presiden-presiden sebelum Jokowi belum ada yang berani mengunjungi tanah kelahiran Pancasila.

"Ketika Soeharto menjabat dia hanya pergi ke Manggarai Timur, setelah Soeharto ada BJ.Habibie itu juga sama, setelah Habibie, ada juga Gusdur, Megawati Soekarno Putri, terus SBY. Jadi entah kenapa, pemimpin-pemimpin itu sebelum Jokowi belum ada yang berani menginjakkan kaki di kota Ende, kota di mana lahirnya Pancasila kota di mana dicetuskan Pancasila," katanya.

Tak heran ketika orang nomor satu di Indonesia yang saat ini sedang menjabat di kursi kepresidenan datang ke Ende sontak membangkitkan perasaan haru bercampur syukur di kalangan masyarakat setempat.

"Perasaan bangga perasaan haru campur aduk, bahkan Presiden Jokowi akan menjadi inspektur upacara pada apel hari lahir Pancasila di kota Ende," katanya.

Perhatian Jokowi pada Indonesia bagian Timur juga diapresiasi oleh Fredi hingga terlontarlah ucapan terima kasih.

"Masyarakat Ende khususnya akan merasa sangat bangga, akan menjadi sejarah baru buat masyarakat Ende. Kalau berbicara soal NTT, sudah berulang kali Jokowi datang kesini, tapi kalau untuk kota Ende itu belum sama sekali dan Jokowi adalah orang kedua setelah Presiden Soekarno yang datang ke kota Ende," tuturnya.

"Saya ingin mengucapkan kepada Bapak Presiden Ir.H.Joko Widodo yang sudah dengan rela hati hadir di kota Ende untuk merayakan hari lahirnya Pancasila 1 Juni," tuturnya.(pikiranrakyat.com)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel