Peserta Mudik Gratis DKI Pakai Baju 'Anies Presiden' Dapat Sorotan Tajam PSI



Darirakyat.com - Foto-foto peserta mudik gratis di Terminal Terpadu Pulogebang, Jakarta Timur, memakai baju bertuliskan 'Anies Baswedan Presiden Indonesia' beredar di media sosial. Adanya baju Anies Presiden Indonesia itu mendapat sorotan oleh PSI.

Salah satu yang mempertanyakan mengenai foto itu adalah Juru Bicara PSI Sigit Widodo. Dia mulanya mengunggah sebuah pemberitaan mengenai peserta mudik gratis memakai kaos putih bertuliskan 'Anies Baswedan Presiden Indonesia' di akun twitter pribadinya @sigitwid.

Menurut Sigit, hal ini bisa dikategorikan sebagai penyalahan wewenang karena program mudik gratis dibiayai oleh APBD DKI. Sigit telah mengizinkan cuitannya itu untuk dikutip.

"Mudik gratis ini menggunakan dana APBD DKI Jakarta sebesar Rp 13,7 miliar, kalau digunakan untuk kepentingan pribadi bisa dikategorikan sebagai penyalahgunaan wewenang untuk menguntungkan diri sendiri," kata Juru Bicara PSI Sigit Widodo seperti dilihat, Kamis (28/4/2022).

Di unggahan selanjutnya Sigit menyertakan video Anies sedang membagikan bingkisan kepada peserta mudik di dalam bus. Sigit meyakini yang sedang dibagikan Anies adalah kaos bertuliskan 'Anies Presiden Indonesia'. Dia lantas menagih klarifikasi dari Anies.

"Sekarang malah beredar video Pak @aniesbaswedan membagi-bagikan kaosnya kepada para pemudik dengan menggunakan baju seragam gubernur. Itu kegiatan Pemprov @DKIJakarta yang menggunakan uang rakyat Rp 13,7 miliar dana APBD. Mungkin Pak Anies atau relawannya bisa klarifikasi?" ujarnya.


"Kalau dilihat itu memang kaos pencapresan Pak Anies, apalagi saat membagikan Pak Anies dampingi seseorang yang menggunakan kaos tersebut," tambahnya saat dihubungi terpisah.

TGUPP Tepis Anies Bagikan Kaos 'Anies Presiden Indonesia'

Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) buka suara terkait video-video viral yang beredar. Dia menepis Anies sedang membagikan kaos 'Anies Presiden Indonesia'.

"Jangan keliru. Yang dibagikan oleh Anies tersebut adalah paket handsanitizer," kata Tatak melalui twitternya @tatakujiyanti. Tatak mengizinkan detikcom mengutip pernyataannya. (detik.com)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel