Noda Rasisme-Seksisme di JIS Kotori Pertandingan Internasional Pemuda Tuai Kecaman

Penanganan medis pada pertandingan Atletico Madrid U-18 melawan Bali United U-18 dalam ajang International Youth Championship, Rabu (14/4/2022) lalu.-Screenshot Twitter/@addogerardo -


Darirakyat.com - Laga Atletico Madrid U18 melawan Bali United U18 dalam International Youth Championship (IYC) di Jakarta International Stadion (JIS) dicemari aksi rasisme hingga seksisme dari penonton. Aksi tak patut ditiru itu menuai kecaman dari pejabat tinggi DKI Jakarta.
Aksi rasisme hingga seksisme pertama kali diungkap akun Twitter @addogerardo lewat satu utas. Pemilik akun menyebut penonton di JIS melakukan tindakan rasisme terhadap pemain Atletico Madrid.

"Sangat disayangkan ada rasisme dari mulut pengunjung stadion yang neriakin 'woy it*m' pemain Atletico Madrid U18 di Stadion JIS," tulisnya.

Selain itu, tindakan seksisme juga dilakukan penonton. Dalam video yang diunggah, terdengar suara siulan 'cat calling' penonton saat tim medis wanita datang untuk mengobati pemain yang cedera.

"Plus seksisme dari arah tribun "woy jangan nga**ng lu!" waktu medis wanita sedang menangani pemain Bali United yang cedera," lanjutnya.

Dikecam Wagub DKI Jakarta

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut Stadion JIS dapat digunakan kegiatan selain olahraga, seperti kesenian dan keagamaan. Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta ini mengecam aksi rasisme dan seksisme di JIS.

"Saya belum tahu informasi tersebut, tapi kita harapkan tidak ada kegiatan-kegiatan lain di JIS kecuali kegiatan-kegiatan positif dalam rangka mendukung olahraga, kesenian, seni budaya, dan upaya-upaya lain, termasuk kegiatan keagamaan," ujar Riza ketika dijumpai dalam kunjungannya di Unolab, Jakarta Utara, Sabtu (16/4).

Riza berharap JIS dapat digunakan hal-hal yang positif. Oleh sebab itu, Riza mengecam aksi rasisme dan seksisme yang terjadi di Stadion JIS saat pertandingan Atletico Madrid U-18 melawan Bali United U-18.

"Iya, tentu kita mengecam kegiatan-kegiatan yang tidak terpuji," ucapnya.

IYC Sesalkan Rasisme-Seksisme

Organizing Committee IYC menyayangkan aksi rasisme hingga seksisme yang dilakukan oleh para penonton. IYC telah mengimbau penonton untuk tidak melakukan hal tersebut.

"Terkait dengan kejadian rasisme dan seksisme yang terjadi pada pertandingan International Youth Championship yang sudah terlaksana sejak 13 April 2022, Organizing Committee International Youth Championship sangat menyesalkan kejadian tersebut," tulis dalam postingan instagram resmi IYC.

"Melalui announcer/MC pertandingan, Organizing Committee, telah menghimbau para penonton untuk tidak melakukan perbuatan yang mengarah ke rasisme dan seksisme yang dapat mengganggu jalannya pertandingan," sambungnya.

Lanjut, pihak IYC mengatakan akan menindak tegas jika terjadi hal serupa di empat pertandingan lainnya yang akan digelar di JIS.

"Untuk empat pertandingan tersisa, termasuk partai final, Organizing Committee IYC akan mengambil tindakan tegas," katanya.

Langkah pengusiran hingga penghentian pertandingan akan dilakukan jika terjadi kejadian yang sama. Pelaksana berjanji mengambil langkah tegas.

"Dimulai dari imbauan oleh announcer, pengusiran penonton keluar stadion hingga terpaksa memberhentikan pertandingan jika diperlukan. Organizing Committee IYC wajib memastikan pertandingan berjalan lancar, termasuk melindungi segenap komponen tim, termasuk pemain dan ofisial tanpa terkecuali," tegasnya. (detik.com)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel