Heboh! Netizen Pertanyakan Peran AHY Lantik 313 Kyai Langgar se Banyuwangi



Darirakyat.com - Pelantikan sebanyak 313 Kyai Langgar (Fokkal) se Banyuwangi oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono pada Minggu 24 April 2022 lalu ramai diperbincangkan.

Banyak yang mempertanyakan peran dari AHY yang seorang ketua umum partai, bisa melantik para ulama. Dan pelantikan para kiyai ini disebut-sebut mempertegas bahwa agama bisa dibawa ke ranah politik.

Salah satu akun Instagram @h3ll_4ngels_reb0rn mengunggah video dan foto saat AHY melantik 313 kiyai tersebut. Akun tersebut menuliskan pertanyaan apakah bisa seorang ketua umum parpol melantik para kiyai.

"Mohon maaf sebelumnya eh mimin kurang paham akan masalah ini. Ijinkan mimin bertanya ya tentang masalah ini," tulis akun tersebut dikutip Hops.ID Rabu 27 April 2022.

"Emang benar ada Pelantikan Kyai2 tsb? Kalau memang benar ada siapa yang berhak MELANTIK seseorang untuk menyandang gelar Ulama/Kyai. Apa bisa seorang Ketum parpol yang melantik seorang Kyai?" tanya akun tersebut.



AHY saat berikan sambutan (Times Indonesia)

"Kalau dari semua uraian tsb di atas. Tidak bisa dilakukan oleh seorang ketum Parpol. Apakah itu bukan untuk Tujuan Politik identitas lagi? Membawa2 agama untuk masuk Rannah Politik karena di publikasikan ke ranah publik acara pelantikan tsb. Mohon masukan dan koreksiny yah," tulis akun tersebut.

Warganet yang melihat postingan tersebut kemudian beramai-ramai memberikan tanggapannya. Ada warganet yang menyebut peran AHY bisa melantik ulama dikarenakan masih keturunan Nabi Muhammad.

"Grup pengajiannya sendiri," kata warganet.

"Makin aneh makin nyeleneh," kata warganet.

"Karena dia cucu nabi, makanya bisa," kata warganet.

"Agama dipakai untuk politik. Politik dengan menjual agama," kata warganet.

Dalam pelantikan itu, Ketua Umum Partai Demokrat AHY, bersyukur Demokrta banyak dicintai para ulama di Banyuwangi.

"Saya terkesan dengan tiga program dari Fokkal Banyuwangi. Ini menandakan antara Partai Demokrat maupun para alim ulama bisa sali g sinergi dan mengisi satu sama lain," kata AHY dikutip dari Times Indonesia.

Sebelumnya sebanyak 313 orang Kiai yang tergabung dalam Forum Komunikasi Kiai Langgar (Fokkal) se Banyuwangi, resmi dilantik.

Dalam pelantikan, KH. Syaifudin Zuhri dipercaya sebagai Ketua Fokkal Banyuwangi periode 2022-2027.

Pelantikan dilakukan langsung oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY di Pondok Pesantren Ibnu Sina, Desa Setail, Kecamatan Genteng. (hops.id)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel