Sirkuit Mandalika Dinyinyirin Roy Suryo Sebut Bisa Mangkrak, Matteo Beri Jawaban Menohok!




Darirakyat.com - Pengamat MotoGP dan Superbike, Matteo Guerinoni, yakin Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, tidak akan mangkrak seperti yang ditakutkan mantan politikus Roy Suryo.Matteo mengatakan Sirkuit Mandalika memiliki banyak potensi, tidak hanya menjadi tuan rumah balapan MotoGP atau World Superbike (WSBK). Untuk itu pria kelahiran Italia itu yakin Sirkuit Mandalika tidak akan mangkrak.

"Sirkuit Mandalika itu, Indonesia menurut saya, banyak sekali potensi meski belum punya agenda. Masih bisa dipenuhi agenda kalau mau. Jadi ini kan baru awal," kata Matteo kepada CNNIndonesia.com, Rabu (30/3).

"Kalau orang Indonesia selalu ragu dengan sesuatu [Sirkuit Mandalika akan mangkrak] itu aku tidak kaget. Di sini itu selalu menjelekkan yang punya sendiri. Saya tidak suka juga mendengar yang seperti itu," ujar mantan pembalap itu.

Menurut pria kelahiran Bergamo, Italia, tersebut seharusnya masyrakat Indonesia bangga sudah memiliki sirkuit kelas internasional yang digunakan untuk MotoGP. Semua pihak disarankan memberikan dukungan.

Soal kekurangan yang terjadi di sana-sini, termasuk aspal yang tidak sempurna, disebut Matteo sebagai hal wajar. Sebaliknya kekurangan ini harus diperbaiki karena Indonesia masih punya kontrak sembilan musim lagi dengan Dorna untuk menggelar MotoGP.

"Soalnya sudah dibangun trek yang luar biasa, dengan segala macam masalahnya, tetapi karena kondisi cuaca di sana sangat panas jadi aspalnya rusak, harus diaspal ulang, saya melihat masalah ini memang ada," kata Matteo.

"Tapi saya yakin bahwa pemerintah Indonesia punya kontrak 10 tahun sama Dorna, mereka bisa usahakan supaya sembilan balapan MotoGP berikutnya, termasuk Superbike [WSBK] menjadi lebih baik," ucap komentator MotoGP dan Superbike ini.

Karenanya Matteo mengajak seluruh elemen bangsa Indonesia mendukung dan mengawal bersama-sama agar Sirkuit Mandalika semakin baik. Berbagai kegiatan di Sirkuit Mandalika harus pula dilangsungkan.

"Saya tidak tahu agenda balap yang lain nanti di Mandalika, tetapi saya yakin akan ada agenda lain. Dorna beri kontrak 10 tahun, kalau saya sih positif saja, jangan ragu. Ini belum apa-apa sudah membawa hal yang tidak positif," ujar Matteo.

Sebelumnya Roy Suryo, mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), khawatir Sirkuit Mandalika berpotensi mangkrak seusai gelaran MotoGP Mandalika 2022 pada 18-20 Maret lalu.

(cnnindonesia.com)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel