Berbeda dengan Oki, Ceramah Mamah Dedeh Kembali Viral Bahas Perempuan Tak Boleh Diam Dapat KDRT



Darirakyat.com - Belakangan ceramah dari Oki Setiana Dewi menjadi polemik di tengah masyarakat. Oki dalam ceramahnya terkesan membiarkan kekerasan terjadi di kehidupan rumah tangga.

Sejumlah pihak mengkritik penggalan isi ceramah dari Oki Setiana Dewi tersebut. Di laman Twitter, Jumat (4/2), ceramah lama dari pendakwah Mamah Dedeh kembali viral.

Isi ceramah itu justru bertentangan dengan apa yang disampaikan oleh Oki. Dalam penggalan video ceramahnya, Mamah Dedeh mengatakan bahwa sebagai manusia, perempuan memiliki hak hidup, hak sehat walafiat, dan hak tenang.

"Ya Allah, derita batin seumur-umur," kata Mamah Dedeh.

Di penggalan video ceramah lama lainnya, pendakwah berusia 70 tahun itu juga kembali menekan bahwa KDRT tidak boleh didiamkan.

"Kalau kita tahu digebuk itu adalah sakit, kita diam saja artinya menghancurkan diri kita. Itu salah dalam Islam,"

"Karena dalam Islam kita wajib menjaga diri sendiri. Digebukin tiap hari lama-lama bonyok," kata pendakwah bernama lengkap Dedeh Rosidah itu di salah satu acara dakwah dengan judul 'KDRT'

Sebelumnya, dalam video berdurasi 1 menit 47 detik itu Ustadzah Oki menceritakan sebuah kisah nyata dari Jeddah mengenai suami istri yang sedang bertengkar dimana sang istri mendapat perlakuan kasar dari suaminya.

"Suaminya marah luar biasa pada sang istri, dipukullah wajah sang istri kemudian istrinya menangis, " cerita Oki.

Ustadzah Oki kemudian melanjutkan ceritanya bahwa pada saat pertengkaran itu kedua orangtua sang istri pun datang dan melihat airmata anaknya. Si orang tua bertanya mengapa anaknya itu menangis.

Namun jawaban sang istri menurut cerita Oki rupanya berusaha menutupi sang suami atas perbuatan kasarnya di hadapan ibundanya.

Ceramah dari Oki ini tentu saja membuat banyak perempuan marah. (suara.com)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel