Tak Dipenjara karena Sopan, Netizen Bandingkan Rachel Vennya dengan Nenek Asyani yang Dituduh Curi Kayu Jati




Darirakyat.com - Rachel Vennya divonis hukuman 4 bulan penjara dan denda Rp50 juta atas kasus pelanggaran karantina kesehatan. 

Namun, dia tak ditahan dengan menjalani 8 bulan masa percobaan. Rachel Vennya menjalani sidang di Pengadilan Negeri (PN) Tangerang pada Jumat 9 Desember 2021. 

Selain Rachel, tiga tersangka lainnya juga dijatuhi hukuman, yakni Salim Nauderer yakni kekasihnya, Maulida selaku manajer, dan Ovelina dari pihak petugas bandara. 

Hukuman yang dijatuhkan terhadap keempat tersangka, sama halnya dengan tuntutan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU). Adapaun salah satu yang membuat Rachel tak ditahan yakni, karena dianggap sopan di hadapan majelis hakim. 

Menyusul putusan tersebut, terkait Rachel tak didftahan menuai reaksi banyak pihak. Bahkan, mereka membandingkan dengan hukuman dengan nenek renta yang berlutut di hadapan hakim memohon keadilan. 

"Lebih sopan mana Rachel Vennya dengan nenek renta yang bersimpuh di hadapan hakim karena 'tuduhan pencurian kayu oleh pihak Perhutani'. Atau dugaan saya keputusan hakim kepada Rachel ada maunya," ujar seorang netizen di Twitter, dikutip dikutip iNews.id pada Senin (13/12/21). 

Komentar netizen tersebut disertai dengan dua tangkapan layar berita yang membandingkan antara kasus Nenek Asyani dan Rachel Vennya.

Nenek Asyani pada kasusnya di 2015 didakwa mencuri dua batang pohon jati milik Perhutani. Batang pohon tersebut digunakan untuk membuat tempat tidur. 

Nenek Asyani membantah segala tuduhan tersebut, lantaranya dirinya mengaku mengambil batang pohon tersebut darsi lahannya sendiri. 

Pada akhirnya, Nenek Asyasni divonis bersalah dan dijatuhi hukuman satu tahun penjara dengan masa percobaan 1 tahun 3 bulan. Nenek Asyani juga dituntut membayar denda Rp500 juta subsider 1 hari hukuman percobaan. 

Putusan tersebut dirasa tidak adil dengan apa yang menimpa Rachel Vennya. Mereka menyayangkan hukuman ringan diberikan kepada Rachel. Bahkan, seorang netizen menuding Rachel aman dari hukum karena punya uang. 

"Uang berbicara. Kalau kamu kaya, kamu aman. Sial, saya juga mau jadi kaya biar punya banyak akses untuk menghindari hukum," ujar seorang netizen. (okezone.com)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel