Mustofa: Siapa yang Percaya Google yang Menyatakan ‘Anies Gubernur Terbodoh Sedunia’?



Darirakyat.com - Politisi Partai Ummat, Mustofa Nahrawardaya berkomentar soal yang Anies Baswedan disebut-sebut sebagai “Gubernur Tebodoh” versi google. 

Ia bertanya apakah masih ada orang yang percaya pada google bahwa Gubernur DKI Jakarta itu adalah gurbenur terbodoh. 

“Siapa yang percaya google, yang menyatakan ‘Anies Gubernur Terbodoh Sedunia’?” kata Mustofa Nahrawardaya melalui akun Twitter pribadinya pada Jumat, 24 Desember 2021. 

Jika masih ada, coba ke sini. Yang followernya minimal 10 ribu. Yang di bawah 10 ribu, akan saya kakusin,” sambungnya. 

Sebagaimana diketahui, nama dan gambar Anies Baswedan sempat muncul ketika kita mengetikkan “Gubernur Terbodoh” di pencarian Google. 

Kini, nama Anies Baswedan masih muncul. Namun, berita dan gambarnya lebih terkait ke penjelasan mengapa Gubernur DKI Jakarta itu muncul ketika orang mengetikkan “Gubernur Terbodoh”. 

Dilansir dari artikel Indozone yang terbit pada 4 Januari 2021, hasil pencarian “Gubernur Terbodoh” akan mengarah ke Line Today, Seword, Telset, dan Quora. 

Begitu juga jika “Gubernur Terbodoh” diketik pada pencarian Google Images, maka yang muncul adalah foto Anies Baswedan.

Namun, perlu dicatat, google tidak menobatkan Anies Baswedan sebagai “Gubernur Terbodoh”, sebagaimana narasi yang sempat muncul. Nama Anies muncul ketika “Gubernur Terbodoh” karena algoritma Google yang menampilkan hasil dengan keterikatan kuat atas kata kunci yang diketikkan. 

Sebagaimana pernah dikatakan CEO Google, Sundar Pichai bahwa Google menjelajah miliaran laman setiap pengguna mengetikkan kata kunci. 

Google lalu mencocokkan laman tersebut dan memberikan peringkat berdasarkan lebih dari 200 indikasi. 

Sebagai informasi, indikasi ini berupa relevansi, popularitas, paling baru, dan cara orang lain menggunakannya. 

Begitulah cara mesin pencari Google menghadirkan hasil penelusuran terbaik untuk menjawab kata kunci yang diketikkan pengguna. 

Jadi, Anies muncul sebagai “Gubernur Terbodoh” karena ada artikel-artikel di dunia maya yang menyandingkan namanya dengan kata kunci tersebut. (terkini.id)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel