Mbah Minto Meninggal, Mengenang Tingkah Lucunya dalam Video Parodi Gagal Mudik hingga Dapat THR dari Ganjar



Darirakyat.com - Dunia hiburan Tanah Air kembali kehilangan sosok yang penuh keceriaan dan senantiasa mengundang gelak tawa. Siapa lagi kalau bukan Mbah Minto.

Mbah Minto, yang memiliki nama lengkap Minto Suwito Siyam, meninggal dunia, Rabu (22/12/2021) malam tadi.

Kabar kepergian Mbah Minto pertama kali tersiar ke publik melalui akun Instagram Ucup Klaten, @ucup_jbsklaten, Youtuber yang sering berkolaborasi dengan nenek 85 tahun tersebut.

"Sugeng tindak Simbok... Terimakasih untuk semua kebaikan dan ketulusanmu, karya-karyamu akan selalu kami kenang," tulis Ucup Klaten dalam keterangan unggahan terbarunya, Kamis (23/12/2021).

Bersama pria bernama asli Muhammad Sofyan itulah, tepatnya lewat video parodi Gagal Mudik di kanal YouTube Ucup Klaten, nama Mbah Minto mulai dikenal oleh banyak orang.

Tingkah lucu keduanya, Mbah Minto sebagai simbok atau Ibu dan Ucup menjadi anaknya, kemudian menarik perhatian publik yang kala itu tengah menghadapi hari-hari awal pandemi Covid-19.

Bahkan video Mbah Minto sering kali viral di media sosial lantaran aksi jenakanya yang sangat menghibur netizen.

Video Parodi Gagal Mudik

Video parodi Gagal Mudik yang berdurasi sekitar sembilan menit itu menceritakan, seoarang anak perantauan yang ingin pulang kampung untuk menemui simboknya.

Keduanya saling adu dialog melalui ponsel masing-masing dan sering kali menambahkan celotehan lucu dan humor supaya penontonnya terhibur.

"Wis le rasah mulih. Manuto karo Pakde Jokowi (Sudah Nak, tidak usah pulang. Patuh sama Pakde Jokowi)" tutur Mbah Minto menggunakan bahasa Jawa dalam video tersebut.

Ucup Klaten mengatakan, alasannya mengajak Mbah Minto untuk terlibat dalam video parodinya karena mereka tetangga dekat.

Uniknya, selama proses pembuatan video Gagal Mudik itu, Ucup Klaten dan Mbah Minto tidak menggunakan naskah tertulis.

"Saya yang bikin cerita, dan bikin skenarionya. Itu sponitas. Jadi, sudah saya konsep Mbah Minto tinggal mengikuti aba-aba dari saya. Tidak butuh waktu lama bikin video itu," terang Ucup Klaten.

Kepopuleran Mbah Minto pun sempat mendapat perhatian dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang kemudian memberinya Tunjangan Hari Raya (THR).

Ganjar Pranowo melakukan video call dengan Mbah Minto di akun Instagram pribadinya pada Sabtu, 2 Mei 2020 sore. Dalam obrolan itu, Mbah Minto yang ditemani Ucup menceritakan kehidupannya sehari-hari.

Ganjar pun meminta Mbah Minto memperagakan satu adegan. Ucup membisikkan sebuah kalimat di telinga Mbah Minto lalu ditirukannya.

"Pak Ganjar, kulo dikirimi THR soyo ganteng (Pak Ganjar, saya dikirimi THR makin ganteng?)" kata Mbah Minto.

Ucapan Mbah Minto langsung memancing tawa semua orang di sekitar Mbah Minto, termasuk Ganjar.

Mendengar permintaan Mbah Minto tersebut, Ganjar langsung mengabulkannya. Ganjar mengirim THR Rp1 juta yang dititipkan lewat Ucup.

Tak hanya itu, Ganjar juga memberikan bantuan sembako terdiri atas sekarung beras, dua kardus mi instan, gula dan teh. Bantuan itu diserahkan oleh perwakilan dari Provinsi Jateng, Sabtu (2/4/2020).

“Kemarin, Ganjar menelepon Mbah Minto via Instagram lewat saya. Ganjar kasih THR buat Mbah Minto, Rp1 juta,” kata Ucup, 2 Mei 2020 lalu, mengutip Tribun Solo.
Mbah Minto dan Ucup pemeran dalam video Youtube gagal mudik ditemui di rumahnya Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Senin (4/5/2020). (Sumber: KOMPAS.com/LABIB ZAMANI)

Jadi Bintang Video Klip

Selain Ucup Klaten, Mbah Minto juga pernah berkolaborasi dengan penyanyi dangdut Denny Caknan lewat video klip salah satu lagunya yang berjudul 'Angel'

Ketika membintang video klip lagu yang dirilis pada 27 April 2021 itu, Mbah Minto berperan sebagai sosok wanita yang dikejar-kejar oleh Abah Kirun.

Sayangnya, kisah cinta antara Mbah Minto dengan Abah Kirun terganjal restu ayah pihak wanita, yaitu Lik Nan yang diperankan oleh Denny Caknan sendiri.

Dalam video klip tersebut, tingkah lucu yang ditunjukan oleh Mbah Minto dan karakter yang lain semakin menambah daya tarik bagi lagu yang sebagian besar liriknya menggunakan bahasa Jawa itu. (kompas.tv)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel