Anwar Abbas: Jokowi itu Sudah Kebal Kritik Artinya Tidak Menyakiti Beliau


Darirakyat.com - Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas mengatakan Presiden Jokowi saat ini sudah kebal terhadap kritik dari masyarakat.

Hal itu disampaikan Anwar Abbas setelah komentarnya menjadi sorotan publik lantaran berani memberikan kritik kepada pemerintahan Presiden Jokowi dalam acara Pembukaan Kongres Ekonomi Umat ke-2 MUI Tahun 2021, Jumat, 10 Desember 2021.

Setelah mengkritik Jokowi, Anwar mengaku diingatkan oleh teman-temannya untuk tidak bicara telalu keras-keras.

"Saya bilang dengan mereka, 'Anda jangan takut', kata saya, 'Pak Jokowi dan menteri agama itu sudah kebal dengan kritik'. Artinya kritik tersebut tidak akan menyakiti diri beliau," ujar Anwar Abbas dalam keterangan resminya, Senin, 13 Desember 2021.

Dia berpendapat Jokowi adalah orang yang terbuka dan tidak alergi terhadap politik.

"Saya sampai berkesimpulan seperti itu adalah karena saya tahu Pak Jokowi itu memang orangnya terbuka dan tidak alergi terhadap kritik," ucapnya.

Bukan tanpa alasan, Anwar Abbas mengatakan Jokowi sering mendapat kritik namun tak pernah mempersoalkannya.

Dia menyebut atas nama MUI atau Muhammadiyah sering menyampaikan kritik kepada Jokowi.

"Saya terbilang sangat sering menyampaikan kritik dan pandangan saya kepada beliau (Jokowi), baik itu ketika dalam pertemuan di Istana, maupun ketika beliau datang ke Kantor PP Muhammadiyah," ucap Anwar Abbas.

"Bahkan dalam salah satu pertemuan di Istana yang mengejutkan saya, Bapak Mensesneg mendekati saya dan bilang 'Pak Abbas apa yang Bapak sampaikan tadi telah dicatat oleh Bapak (Presiden)' kata beliau. Itu menandakan Pak Jokowi bisa menerima kritik dan pandangan saya,".

Anwar Abbas mengingatkan masyarakat bahwa kritik yang ia sampaikan ke Jokowi adalah bersifat bercanda. Dia juga mengaku sering bertanya hal-hal seperti 'sehat pak presiden' ke Jokowi.

"Mungkin perlu juga diketahui bahwa saya di samping sering menyampaikan kritik dan pandangan saya, saya juga biasa bercanda dengan beliau," katanya.

"Bahkan ketika saya menyambut beliau di acara kongres ekonomi umat ke 2 tersebut saya bertanya 'sehat pak presiden' kata saya sambil tersenyum. 'Alhamdulillah' kata beliau. 'Tapi kok Pak Presiden kelihatan kurus' kata saya menggoda, 'memang segini-gininya dari dahulu' kata beliau sambil tertawa," ucap Anwar Abbas. (pikiranrakyat.com)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel