Anies Minta Anak Buahnya Tegur Keras Kontraktor Sumur Resapan Bermasalah


Darirakyat.com
- Kabar mengenai sumur resapan ambles hingga membahayakan pengguna jalan sampai ke telinga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Sebagai tindak lanjut, ia memerintahkan para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) memanggil dan memberikan teguran keras kepada kontraktor sumur resapan bermasalah itu.

"Beri mereka pesan tegas agar proses pengerjaan drainase vertikal sesuai dengan standar, sehingga berfungsi optimal dan tidak mengganggu kepentingan umum, terutama jangan sampai membahayakan orang lain," ujar Anies dalam keterangannya, Ahad, 5 Desember 2021.

Selain mengintruksikan agar memberikan teguran, Anies juga meminta jajarannya menjatuhkan sanksi penalti kepada para kontraktor yang terbukti bermasalah. Ia meminta agar pemanggilan dan pemberian sanksi ini dilaksanakan sesegera mungkin.

"Lakukan segera dan panggil semua yang terlibat dalam pembangunan drainase vertikal, termasuk para pelaksana/kontraktor dan beri mereka pesan tegas," kata Anies.

Sebelumnya viral di media sosial, tutup sumur resapan di Jalan Karang Tengah, Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan rusak dan ambles. Hal itu membahayakan kendaraan yang melintas karena tinggi jalan menjadi berlubang dan berbeda tinggi.

Warga sekitar kemudian menaruh pot berisi tanah di atas tutup sumur resapan yang ambles mencegah adanya korban. Kini tutup drainase sudah dibetulkan kembali. Namun, perbaikan itu juga disertai pengaspalan yang membuat lubang drainase tertutup dan air tidak bisa mengalir masuk.

Menanggapi viralnya kasus ini, Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Yusmada Faizal mengintruksikan kontraktor segera memperbaikinya. "Kontraktor membuat lubang air di lokasi sumur resapan yang sudah ditutup aspal, sehingga bisa menyerap air hujan ke dalam tanah," kata Yusmada.

Selain itu, Yusmada mengatakan pihaknya sudah memanggil para kontraktor sumur resapan untuk melakukan evaluasi sesuai instruksi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Kami telah mengevaluasi baik sumur resapan yang sedang dibangun maupun sumur resapan yang sudah beroperasi agar berfungsi dengan optimal. Kami juga terus berkoordinasi dengan kontraktor terkait," kata Yusmada. (tempo.co)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel