Sudah 3 Jam, Api Masih Berkobar dari Tangki Pertamina Cilacap




Darirakyat.com - Tangki Pertamina di Cilacap, Jawa Tengah terbakar saat hujan deras disertai petir. Hingga malam ini petugas masih berupaya pendinginan.

Pantauan di lokasi, Sabtu (13/11) pukul 21.40 WIB, api tampak masih berkobar dari area tangki Pertamina Cilacap yang terbakar. Akses pintu masuk dari kantor Pertamina menuju ke lokasi yang berjarak sekitar 2 km, ditutup dengan mobil polisi.

Di lokasi, terlihat sejumlah petugas berjibaku menyemprotkan foam ke dinding-dinding tangki. Dari jarak sekitar 300 meter, udara di sekitar lokasi terasa panas meski hujan masih mengguyur. Asap hitam juga terlihat membubung dari tangki Pertamina yang terbakar.

Suasana di lokasi relatif sepi. Hanya ada beberapa kendaraan milik Pertamina yang melintas.

Sebelumnya diberitakan, kebakaran tangki 36T102 itu terjadi pada pukul 19.15 WIB. Dilaporkan, tangki 36T102 berisi Pertalite dengan level tangki 15,9 meter versus maximal level 20 meter atau sekitar volume 31.000 KL versus maximal 39.000 KL.

Dari keterangan yang diterima Komut Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dari jajarannya, saat ini tengah dilakukan penyekatan api di seputar tangki 36T102 dan defensive fire fighting dengan fire truck dan hydrant.

"Penyiapan offensive fire fighting, pendinginan terhadap tangki sekitarnya dengan menyalakan water sprinkle," kata Ahok malam ini.

Sebelumnya diberitakan petugas pemadam kebakaran telah menuju ke lokasi untuk memadamkan api.Belum diketahui penyebab maupun lokasi pasti kebakaran tersebut.

"Iya betul (ada kebakaran di Kilang Pertamina), tim damkar sudah meluncur ke sana. Sementara ini, dari damkar baru 1 unit (mobil yang meluncur ke lokasi)," kata petugas TU Damkar Cilacap, Sahih, saat dihubungi detikcom, Sabtu (13/11).

Petugas belum bisa memberikan keterangan rinci terkait peristiwa tersebut, termasuk soal penyebab kebakaran. Namun dilaporkan kebakaran itu terjadi saat hujan deras. Hal ini disampaikan salah seorang warga yang tinggal di sekitar lokasi kilang Pertamina.

"Tadi hujan deras dan sempat agak banjir deket rumah, hujan tiba-tiba ada petir. Tetangga ketok-ketok tangki, tangki ternyata sudah kelihatan api dari luar rumah," kata Gandis Rostiani (28) saat dihubungi detikcom malam ini. (detik.com)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel