Disentil Erick Thohir soal Toilet SPBU Bayar, Pertamina Janjikan Gratis




Darirakyat.com -
Menteri BUMN Erick Thohir meminta perhatian Pertamina soal toilet berbayar di SPBU. Menurut Erick seharusnya layanan toilet adalah fasilitas umum yang gratis.
Dapat sentilan dari Erick, Pertamina pun buka suara. Corsec Subholding Commercial And Trading Pertamina Irto Ginting mengatakan pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada para pemilik dan pengurus SPBU baik yang dimiliki penuh oleh Pertamina maupun yang bermitra dengan pihak swasta untuk menggratiskan penggunaan toilet di SPBU.

"Toilet merupakan salah satu bentuk layanan yang ada di SPBU. Kami sosialisasikan kembali ke para pemilik SPBU untuk meningkatkan layanan ke masyarakat. Tidak hanya layanan BBM, namun juga termasuk memastikan ketersediaan toilet secara gratis dan memperhatikan kebersihan dan kenyamanannya," ungkap Irto kepada detikcom, Senin (22/11/2021).

Pihak Pertamina juga menyampaikan terima kasih atas perhatian Erick Thohir terhadap layanan SPBU.

"Kami berterima kasih atas masukan pak menteri dan bapak ibu semua termasuk masukan dari masyarakat untuk membuat Pertamina lebih baik," sambung Irto.


Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir kaget ada toilet umum di salah satu SPBU Pertamina tidak gratis untuk digunakan, masyarakat dimintai uang senilai Rp 2.000-Rp 4.000 untuk menggunakan toilet itu. Hal ini terjadi pada salah satu SPBU di Kecamatan Malasan, Probolinggo.Erick pun langsung menyentil direksi Pertamina soal hal ini. Dalam video yang dibagikannya, dia meminta Pertamina untuk memperbaiki masalah ini.

Erick juga menegaskan layanan toilet di semua SPBU Pertamina, baik yang dimiliki sendiri maupun yang bermitra harus gratis. Menurutnya, bisnis SPBU sudah meraup untung dari jualan bensin, bahkan di beberapa SPBU juga ada toko kelontongnya.

"Kepada Direksi Pertamina, saya mengharapkan fasilitas umum seperti ini harusnya gratis, karena kan sudah ada dapat dari jualan bensin, ada juga toko kelontong. Jadi masyarakat mustinya dapat fasilitas tambahan. Saya minta Direksi Pertamina untuk diperbaiki," kata Erick lewat video yang diunggah di akun Instagramnya @erickthohir, dikutip Senin (22/11/2021).

"Saya juga minta seluruh kerja sama dengan pom swasta yang di bawah Pertamina, toiletnya nggak boleh bayar. Harus gratis," lanjutnya.

Dalam video yang diunggahnya itu, Erick sempat berbincang dengan seorang penjaga toilet di salah satu SPBU di Probolinggo. Dia mempertanyakan mengapa toilet harus bayar.

"Kenapa nggak gratis kan fasilitas umum," tanya Erick. "Saya kurang tahu pak, saya cuma kerja pak," jawab penjaga toilet SPBU tersebut.

Penjaga toilet itu juga sempat sedikit menjelaskan kalau dia dipekerjakan untuk menjaga toilet, bagi yang mau menggunakan toilet diharuskan membayar untuk uang perawatan. Dia juga mengatakan SPBU tersebut adalah milik swasta, maksudnya kerja sama kemitraan Pertamina dengan pihak swasta.

Penjaga toilet itu pun menyebutkan nama pemilik SPBU tersebut, dan Erick mengatakan akan langsung menghubungi pemilik SPBU tersebut. (detik.com)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel