Jakarta Bukan Cibaduyut, Kok Ada Tugu Sepatu?




Darirakyat.com - Tugu sepatu yang berdiri di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat menjadi buah bibir di jagat maya.

Tugu sepatu dibuat untuk mempercantik Ibu Kota. Tugu sepatu berada di depan Stasiun Sudirman BNI City. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang dikomandoi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menamakannya instalasi sepatu.

Namun, banyak netizen yang mengkritik pembangunan tugu tersebut. Tidak sedikit yang mempertanyakan tujuan pembangunan tugu sepatu, sebab mereka menilai keberadaannya mengotori.

"Tugu sepatu itu hanyalah sebuah pekerjaan dari orang yang tak mampu kerja. Tidak ada kaitan sepatu dengan Jakarta dan sepatu itu tak memperindah Jakarta, tapi justru tampak mengotori Jakarta yang sudah kotor dengan karya-karya tak bermutu dari Anies Baswedan. Tak ada sentuhan seni maupun mutu. Parah..!," kritik mantan politisi Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean sebagaimana dikutip AKURAT.CO dari akun Twitter @FerdinandHaean3, Sabtu (18/9/2021).

"Bukan daerah penghasil sepatu, tapi ada tugu sepatu di Jakarta. Buat apa coba?" timpal pengguna akun Twitter @NyaiiBubu.

"Maksudnya tugu sepatu di Jakarta itu apa sih? Buat nendang?" tanya pegiat media sosial Denny Siregar menggunakan akun Twitter @Dennysiregar7.

"Mending patung ondel ondel dari pada tugu sepatu... itu yang punya ide sopo tho yo yo...," kicau pengguna akun Twitter @MironkNr.

"Tujuan dibuat tugu sepatu buat apa yak? Jakarta bukan Cibaduyut yang sentra industri sepatu. Kalau dibikin di Cibaduyut, setuju. Untuk mengembalikan masa kejayaan sentra industri yang pernah ada," tutur pengguna akun Twitter @Danny_ryo.

Sebelumnya, Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Gumilar Ekalaya menuturkan pembangunan tugu sepatu merupakan buah kolaborasi antara Pemprov DKI Jakarta bersama Jakarta Experience Board (JXB) dengan pelaku kreatif sepatu lokal Compass.

Instalasi tugu sepatu merupakan petanda dimulainya rangkaian Festival Kolaborasi Jakarta 2021. Pembangunan tugu sepatu tidak semata-mata untuk mempercantik Ibu Kota saja.

"Kegiatan ini sebagai bentuk dukungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan pelaku ekonomi kreatif terhadap Tahun Internasional Ekonomi Kreatif 2021 yang dicanangkan oleh UNCTAD. Kami menyambutnya dengan turut menggelar instalasi dari para pelaku ekonomi kreatif," kata Gumilar kepada pewarta, Jumat (17/9/2021).

Gumilar menegaskan, Festival Kolaborasi Jakarta 2021 bertujuan untuk membangkitkan dan memberikan dukungan kepada pelaku ekonomi kreatif di Jakarta agar tetap berkreasi di masa pandemi Covid-19.

Diketahui, tugu sepatu tidak hanya dibangun di depan Stasiun Sudirman BNI City, melainkan juga di Lapangan Banteng, dan Alun-Alun Velodrome. Pembangunan instalasi ini merupakan inisiasi dari pelaku ekonomi kreatif yang bersifat non-budgeter APBD. (akurat.co)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel