DPRD DKI Kritik Anies Program yang tidak Prioritas Dijadikan Prioritas: Logika Berpikirnya Sulit Dimengerti



Darirakyat.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerbitkan instruksi yang menargetkan Jakarta International Stadium (JIS) diresmikan pada Desember 2021. Anggota Komisi B Bidang Perekonomian DPRD DKI Jakarta, Gilbert Simanjuntak, menilai logika berpikir Anies sulit dimengerti.

"Kalau hanya peresmian dengan dana PEN, itu tidak masalah. Sekarang Formula E juga dibikin jadi prioritas. Logika berpikirnya sulit dimengerti," kata Gilbert kepada wartawan, Senin (9/8/2021).





Gilbert tak habis pikir mengapa Anies menempatkan program yang bukan prioritas menjadi prioritas. Menurut Gilbert, JIS seharusnya menggunakan dana pemulihan ekonomi nasional (PEN) dan bukan menggunakan dana APBD.

"Saya melihat semua jadi sulit dibuat dengan kebijakan yang bukan prioritas, tapi jadi prioritas. JIS itu cukuplah menggunakan dana PEN kemarin, di mana harusnya itu untuk mendongkrak ekonomi, pemulihan, tetapi menjadi digunakan untuk JIS karena takut mangkrak. Jangan lagi menggunakan dana APBD, karena pajak rakyat harus dikembalikan ke rakyat dengan prioritas yang tepat," ucapnya.

Tak hanya itu, Gilbert juga menyinggung instruksi Anies yang ingin balapan Formula E digelar pada Juni 2022. Menurutnya, penghasilan DKI tidak mencukupi untuk operasional rutin itu dan malah mengakibatkan kerugian.

"Formula E ini jadi batu sandungan betul. Ini sebuah kebijakan yang tak terukur, dibuat jadi prioritas dalam Ingub yang kemarin, karena saat ini pun penghasilan DKI tidak mencukupi untuk operasional rutin, terseok-seok," ujarnya.

"Kemarin mendesak pusat untuk mengeluarkan DBH, karena kesulitan. Lalu memprioritaskan pengeluaran untuk hal yang sekunder, hura-hura, membuat tanda tanya besar ada apa sebenarnya dengan Formula E. Jangan jadi Formula G, gengsi. Kalau itu yang ada, maka tidak pantas lagi karena kepala daerah harus menyelamatkan rakyatnya. Jelas itu akan rugi 2022, butuh setahun persiapan, sekarang sudah Agustus, sisa 10 bulan," imbuhnya.

Diketahui sebelumnya, Anies Baswedan menerbitkan instruksi menuntaskan 28 isu prioritas di tahun 2021-2022. Selain penyelenggaraan Formula E, Anies menargetkan Jakarta International Stadium (JIS) diresmikan akhir tahun ini.

"Diresmikannya stadion JIS, Desember 2021," demikian isi Ingub terbaru Anies, seperti dilihat hari ini.

Ingub itu nomor 49 tahun 2021 tentang penyelesaian isu prioritas daerah tahun 2021-2022. Sekda DKI-lah yang nantinya akan bertanggung jawab atas instruksi Anies.

Total ada 28 isu prioritas yang diminta Anies untuk dituntaskan tahun ini dan 2022. Untuk peresmian stadion JIS ini ada di poin 10.

Adapun dalam instruksi itu, Anies meminta dibuatkan infrastruktur pendukung terkait aktivasi di kawasan JIS. Pertama, Anies ingin ada penambahan stasiun KAI baru di sisi barat dan timur JIS.

Pembangunan itu ditargetkan hingga Juni 2022. Kemudian Anies juga menginstruksikan terselesaikannya izin rute tambahan baru KCI Jatinegara-Rajawali-Ancol-Priok.

"Target waktu Oktober 2021," tulis Ingub Anies.

Terakhir, Anies ingin terbangunnya akses ramp tol ke area JIS. Target waktu yang diinginkan Anies juga Juni 2022. (detik.com)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel