Viral Video Rombongan Presiden Jokowi Disebut Mudik, Ini Bantahan Istana



Darirakyat.com - Sebuah video menampilkan iring-iringan rombongan mobil yang dikawal oleh kendaraan patroli dan pengawalan (Patwal) atau dikenal voojrider viral di media sosial.

Dalam video tersebut, diduga perekam menyebut iring-iringan mobil tersebut merupakan rombongan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Selanjutnya, narasi yang beredar disebutkan bahwa Jokowi sedang mudik ke kampung halaman beserta rombongannya. Terlihat juga rombongan itu dikawal ketat oleh polisi.

Salah satu akun yang mengunggah video iring-iringan tersebut adalah @YandraD31 di Twitter pada Minggu (9/5/2021).

"Ini letter B, kalau ini pulang apa mudik ini kaya begini. Tuh letter B semua. Udah bukan wilayah pulang kampung. RI 1 pulang kampung," kata seseorang dalam video itu.

Menanggapi viralnya video tersebut, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, membenarkan video itu merupakan rombongan Presiden Jokowi.

Namun, video tersebut direkam saat Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke wilayah Jawa Timur. Artinya, rombongan Presiden Jokowi itu bukan melaksanakan mudik.

"Itu benar rombongan Presiden. Video tersebut saat Presiden kunjungan kerja ke Jawa Timur hari Kamis (6/5/2021)," kata Machmudin dikutip dari Kompas.com, Senin (10/5/2021).

"Jadi bukan mudik, tapi kunjungan kerja ke Jawa Timur."

Bey menerangkan, adapun lokasi yang berada dalam video tersebut merupakan di daerah Gresik, sebelum masuk gerbang Tol Kebomas.

Saat itu, rombongan Jokowi sedang dalam perjalanan dari Lamongan menuju Surabaya untuk meresmikan fasilitas Pengolahan Sampah menjadi Energi Listrik (PSEL) yang berada di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo.

Fasilitas tersebut akan menjadi percontohan bagi pengembangan pengelolaan sampah menjadi energi listrik di daerah-daerah lainnya.

Pembangunan fasilitas pengelolaan sampah menjadi energi listrik di sejumlah daerah prioritas telah dibahas oleh Jokowi beserta jajaran terkait pada rapat terbatas yang digelar pada 16 Juli 2019 lalu.

Semangat dari pembangunan fasilitas tersebut tidak hanya pada urusan penyediaan listrik semata.

Akan tetapi, juga untuk membenahi salah satu permasalahan soal manajemen sampah utamanya di kota-kota besar.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi juga mengunjungi Pusat Pemasaran dan Distribusi Ikan (PPDI) Brondong, Kabupaten Lamongan saat kunjungan kerja ke Jawa Timur.

Di PPDI Brondong, Jokowi meninjau sarana dan prasarana fasilitas perikanan tersebut serta berdialog dengan perwakilan nelayan setempat.

Jokowi juga menyempatkan diri untuk meninjau pabrik pengolahan makanan laut yang menjalankan ekspor hasil olahan ke mancanegara. (kompas.tv)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel