Gibran Kembalikan Duit Pungli, Iwan Fals: Cocok Nih 2024



Darirakyat.com - Musisi Iwan Fals mengomentari aksi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengembalikan uang pungutan liar (pungli) kepada sejumlah pedagang di Pasar Klewer.

Komentar itu ia sampaikan lewat kicauan singkat pada akun Twitter pribadi dengan menyertakan tautan YouTube yang membuat video Gibran mengembalikan uang pungli.

"Tuh kan kayaknya cocok nih 2024," tulis Iwan yang memiliki akun Twitter bernama @iwanfals.

Dalam video berdurasi satu menit 48 detik itu Gibran terlihat berbicara dengan seorang pedagang. Ia menasehati pedagang untuk tidak memberikan uang kepada orang yang meminta dengan alasan zakat fitrah.

Anak Presiden Joko Widodo itu juga meminta pedagang untuk memotret orang yang meminta uang dengan alasan zakat fitrah. Menurutnya, hanya Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) yang boleh meminta uang zakat fitrah.

Selain itu, Gibran juga mengancam memecat lurah yang terbukti melakukan pungli dengan alasan zakat fitrah. Ia menilai lurah lurah menyetujui kegiatan itu sudah tidak pantas lagi menjadi lurah.

Pada kegiatan yang berlangsung Minggu (2/5) kemarin Gibran mengembalikan uang pungli kepada 145 toko dengan total Rp 11,5 juta. Saat mengunjungi toko dan mengembalikan uang ia didampingi oleh Camat Pasar Kliwon.

Aksi Gibran mendapat respons negatif dari warga Kelurahan Gajahan, Kecamatan Pasar Kliwon. Mereka meminta Gibran mengurungkan kembali niat memecat lurah yang terbukti bersalah meminta uang dengan alasan zakat fitrah.

Sejumlah warga memasang spanduk bernada protes atas pemberhentian Lurah Suparno. Foto spanduk bertuliskan "Save Suparno" dan "Lurah hebat kok dipecat" tampak terpasang di pagar Kelurahan Gajahan Senin (3/5) dini hari.(cnnindonesia.com)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel