Kronologi OTT Nurdin Abdullah, Gubernur Sulawesi Selatan yang Baru Saja Melantik 11 Kepala Daerah


Darirakyat.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan tangkap tangan terhadap Kepala Daerah yang diduga Gubernur Sulawesi Selatan.

Plt Juru bicara KPK Ali Fikri membenarkan, pihaknya melakukan OTT terhadap Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah atas dugaan tindak pidana korupsi. 

KPK menangkap Nurdin Abdullah pada Jumat, 26 Februari 2021 malam. Namun demikian, Ali Fikri belum bisa memberikan keterangan lebih spesifik terkait OTT Nurdin Abdullah.

Saat ini kata dia, timnya masih terus bekerja untuk mengembangkan kasus dugaan korupsi Nurdin Abdullah.

"Informasi lebih lengkap kasusnya, siapa saja yang ditangkap dan barang bukti apa yang diamankan, saat ini belum bisa kami sampaikan," kata Ali Fikri kepada wartawan saat dihubungi, Sabtu, 27 Februari 2021.

"Tim masih bekerja,  dan perkembangannya nanti akan kami sampaikan kepada rekan-rekan semua," katanya.


Sebelumnya, Nurdin Abdullah melantik setidaknya 11 Kepala Daerah di Sulawesi Selatan yang terpilih dalam kontestasi Pilkada Serentak 2020.

"Pada Hari ini, Jumat, 26 Februari 2021, saya Gubernur Sulawesi Selatan atas nama Presiden Republik Indonesia dengan resmi melantik," kata Nurdin Abdullah sebagaimana dilihat dalam tayangan video di laman facebook atas nama dirinya.

Nurdin Abdullah bahkan meminta sumpah setidaknya 11 Kepala Daerah dalam pelantikan tersebut.

"Demi Allah saya bersumpah," ujarnya kemudian diikuti oleh seluruh Kepala Daerah di Sulawesi Selatan dalam pelantikan tersebut.

"Bagi yang beragama kristen. Demi Tuhan saya berjanji," ujarnya yang kemudian diikuti oleh Kepala Daerah yang beragama kristen.

Nurdin Abdullah kemudian melanjutkan agar seluruh Kepala Daerah turut mengikuti kata-kata dalam sumpah jabatan yang dia bacakan.

"Harap mengikuti dan mengulangi kata-kata saya," ujarnya.

"Bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya," katanya kemudian serentak diikuti oleh 11 Kepala Daerah yang baru saja dilantik usai memenangkan Pilkada Serentak 2020.

Diketahui, pelantikan dilakukan di Kantor Gubernur Sulawesi Selatan.(pikiranrakyat.com)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel