Sohib Sejak Kecil, Gak Nyangka Erick-Sandi-Lutfi Kini Jadi Menteri Jokowi


Darirakyat.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja mengumumkan menteri-menteri barunya dalam proses pergantian (reshuffle) Kabinet Indonesia Maju.

Di antara enam menteri baru yang diumumkan Jokowi pada Selasa sore (22/12), yang menarik adalah masuknya Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) menggantikan Wishnutama Kusubandio.

Selanjutnya ada M. Lutfi sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Agus Suparmanto.

Ternyata dua orang ini sebelumnya merupakan sahabat karib dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

Hal ini tergambar dari postingan Instagram terbaru Erick Thohir, tak lama setelah Jokowi mengumumkan daftar menteri baru ini.

"Kayaknya asik nih recreate foto ini bareng Bang @sandiuno dan Mas Lutfi ? Dulu nongkrong bareng, berkarya bareng, sekarang bareng-bareng membantu Pak @jokowi," tulis Erick dalam akun instagramnya, @erickthohir, Selasa (22/12/2020).

Dalam postingan tersebut memang terdapat tiga sosok pria, yakni Erick, Sandiaga dan Lutfi yang kala itu masih muda. Tak dijelaskan tepatnya tahun berapa foto ini diambil.

Sebetulnya foto asli ada lima orang, hanya saja Erick hanya menampilkan dua sosok sobatnya yang juga menjadi menteri, sehingga satu sahabat lagi dihilangkan di foto tersebut. Erick dan Sandi memang bukan rahasia bahwa keduanya adalah teman sejak kecil.

Jadi ketiga sahabat ini, mulai Rabu (23/12), setelah Sandiaga dan Lutfi dilantik, akan sama-sama menjabat sebagai pembantu presiden di jabatannya masing-masing.

Adapun Sandiaga sebelumnya dilantik menjadi Wagub DKI Jakarta pada Oktober 2017 sehingga dirinya baru menjabat sekitar 10 bulan.

Dia mendampingi Anies Baswedan memenangkan Pilgub DKI 2017 pada putaran kedua mengalahkan pasangan petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat.

Saat kontestasi Pilpres 2019 ia mengundurkan diri dari kursi wakil gubernur setelah 10 bulan menjabat. Ia maju mendampingi Prabowo Subianto sebagai calon wakil presiden 2019. Ia pun memilih untuk menanggalkan posisinya sebagai Wakil Gubernur.

Sedangkan Lutfi, sudah beberapa kali didapuk memegang jabatan penting termasuk kursi mendag (14 Februari dan 20 Oktober 2014) sebelumnya.

Suami dari mantan model Bianca Adinegoro punya jabatan terakhir sebagai Dubes RI untuk AS. Lutfi memiliki jejak karier yang panjang. Pria kelahiran tahun 1969 dari pasangan Firdaus Wadjdi dan Suhartini ini mengawali kariernya sebagai pengusaha.

Ia bersama beberapa rekannya, yakni Erick; Wishnu Wardhana; dan Harry Zulnardy, berinisiatif mendirikan Mahaka Group.(cnbcindonesia.com)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel