Reaksi Keras Politisi PDIP saat Anies Baswedan Pamer Penghargaan di Medsos





Darirakyat.com - Politisi PDIP Gilbert Simanjuntak mengatakan warga Jakarta tak membutuhkan penghargaan yang dipamerkan Gubernur Anies Baswedan baru-baru ini di media sosial. Salah satu penghargaan yang dipamerkan Anies yakni TOP Digital Awards 2020. 

Selama ini, kata Gilbert, masyarakat Jakarta tidak merasakan manfaat dari kerja Pemerintah Provinsi DKI terkait penghargaan tersebut. 

"Pencapaian Sistem Digital Pemprov dan Gubernur meskipun pencapaian ini tidak dirasakan masyarakat," ungkap Gilbert kepada JPNN.com, Minggu (27/12).  

Menurut Mantan Wakil Rektor Akademik Universitas Kristen Indonesia (UKI) itu, yang dibutuhkan warga Jakarta ialah memaksimalkan sektor di bidang Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). 

Dia menilai, selama ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta masih minim membuat kebijakan yang menyentuh masyarakat kelas menengah ke bawah. 

"Sektor yang dibutuhkan masyarakat misalnya UMKM yang minim sentuhan, juga sektor informal yang hampir tanpa sentuhan. Ini tidak butuh sistem digital itu, tetapi butuh kebijakan anggaran dan program," katanya. 

Lebih lanjut, anggota DPRD DKI Fraksi PDI Perjuangan itu menyebut kebijakan yang dirasakan masyarakat kelas ke bawah dan para pelaku usaha kecil di Jakarta merupakan produk pemerintah pusat.

"Saat ini hampir semua kebijakan anggaran dan program UMKM di DKI adalah dari APBN (Pemerintah Pusat), minim sekali yang berasal dari APBD (Pemprov DKI). Percuma sistem digital dibangun kalau tidak ada kebijakan pro-rakyat," katanya. 

Pada Desember 2020, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendapatkan tiga penghargaan secara beruntun di antaranya Penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2020 dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI. 

Kemudian penghargaan Hak Asasi Manusia (HAM) dari Kementerian Hukum dan HAM RI, dan TOP Digital Awards 2020. 

Semua piagam penghargaan itu dipamerkan Anies Baswedan di media sosial. Gilbert berharap Anies segera pulih dari Covid-19. Agar mantan Mendikbud itu segera fokus pada penanganan wabah Covid-19 yang juga terus melonjak naik pada bulan ini. (jpnn.com)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel