Ini Daftar Gurita Bisnis Gibran Rakabuming Raka, Miliarder Anak Jokowi Calon Kuat Wali Kota Solo



Darirakyat.com - Anak sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, dipastikan jadi calon terkuat Wali Kota Solo di periode berikutnya.

Dalam hasil rekapitulasi hitung cepat Pilkada 2020 yang diterbitkan KPU, Gibran bersama pasangannya calon wakil wali Kota Solo Teguh Prakosa, merebut 86,5 persen suara.

Selain sukses di bidang politik yang baru ditekuninya, Gibran Rakabuming Raka dikenal sebagai pemuda sukses, dan seorang miliarder, anak Presiden Jokowi.

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dipantau Pikiran-rakyat.com di situs elhkpn.kpk.go.id, Gibran diketahui memiliki harta kekayaan Rp 21,15 miliar.

Konon, kecintaan Gibran pada dunia bisnis sangat didukung oleh Jokowi. Tak ayal, jika banyak orang mengaitkan keberhasilan bisnisnya karena ada nama sang ayah dibaliknya.

Bersama adiknya, Kaesang Pangarep, ia memiliki sejumlah bisnis kuliner yang cukup terkenal dan maju. Tak pelak, ia dijuluki miliarder pemilik gurita bisnis kuliner.  

Lalu, apa saja kah bisnis kuliner yang ditekuni oleh ayah Jan Ethes itu? Berikut beberapa bisnis Gibran, seperti dilansir Berita KBB dalam artikel ‘Berikut Gurita Bisnis Kuliner Milik Gibran Rakabuming Raka, Anak Presiden yang Jadi Walikota Solo’

1. Chili Pari

Pada tahun 2010, Gibran mendirikan bisnis Chilli Pari, yakni jasa penyedia katering.

Teknik marketing yang dilakukan Gibran dan tim pun terbilang sederhana, namun hasilnya luar biasa. 

Dengan memasarkannya lewat media sosial Twitter, ia berhasil menarik ratusan ribu pengikut dan pelanggan.

2. Markobar

Tak puas dengan Chilli Pari, Gibran melebarkan sayap ke bisnis martabak kekinian, yang diberi nama Markobar. 

Mulanya, bisnis martabak ini berkonsep kaki lima. Seiring berjalannya waktu, Markobar menjadi bisnis waralaba yang telah merambah pasar luar negeri.

3. Siap Mas

Masih bersama sang adik, Kaesang, ia meluncurkan produk makanan ringan dan minuman“Siap Mas”. 

4. Goola

Tak hanya itu, bersama rekannya Kevin Susanto, Gibran mendulang kesempatan emas dari  produk Goola, merek meninuman tradiosional.

Tak main-main, Goola berhasil mengantongi pendanaan dari Alpha JWC Venture sebanyak 70 miliar. Rencananya, pada tahun 2020 bisnis minuman ini akan didorong  agar bisa merambah pasar Asia Tenggara.

5. Mangkoku

Belakangan, Gibran dan Kaesang menjadi viral di dunia para food vlogger berkat kolaborasinya dengan seorang chef terkenal. Tak tanggung-tanggung, keduanya menggaet chef Arnold Purnomo dan rekan usaha mereka, Randy Kataninata, untuk mendirikan start-up makanan berat, yakni Mangkokku_id.

Menu-menu di Mangkokku telah banyak di-review oleh para food vlogger ternama, sebut saja Magdalena. Alhasil, Mangkoku kian melejit dan dibanjiri pelanggan.

6. Wahyoo

Selain mendirikan usaha sendiri, Gibran juga menantang dirinya menjadi seorang investor di Wahyoo, sebuah perusahaan warteg digital milik Peter Shearer.

Setelah Gibran memutuskan untuk terjun ke dunia politik, kabarnya beberapa perusahaan kulinernya akan dilimpahkan kepada sang adik, Kaesang.

Di luar kuliner, suami Selvi Ananda juga punya sejumlah bisnis, seperti fashion, dan lainnya.(pikiranrakyat.com)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel