Mahfud Pertegas Maksud Presiden Beri Penghargaan Bintang Mahaputera ke Gatot Nurmantyo


Darirakyat.com - Puluhan nama tokoh-tokoh akan mendapatkan penghargaan Bintang Mahaputera dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) termasuk eks Panglima TNI Jenderal Purn Gatot Nurmantyo. Jajaran Presiden menyebut pemberian penghargaan itu bukan bermaksud untuk membungkam Gatot.

Menko Polhukam Mahfud MD tidak menampik jika ada pihak-pihak yang menyampaikan hal-hal negatif terkait pemberian penghargaan untuk Gatot. Mahfud menilai tidak ada tujuan untuk membungkam dalam pemberian penghargaan ini.

"Ada macam-macam penilaian ya biasalah kalau nanti Gatot Nurmantyo tidak diberi bintang orang curiga ya kan 'kok tidak diberi karena kritis'. Kalau diberi nanti orang bilang kok ini mau bungkam, ndak ada urusan bungkam membungkam, ndak ada urusan diskriminasi, ini haknya dia untuk dapat itu," kata Mahfud MD melalui akun Youtube Kemenko Polhukam RI yang dikutip Indozone, Jumat (6/11/2020).

Lebih jauh Mahfud mengatakan dirinya sempat membaca berita-berita mengenai Gatot yang mendapat penghargaan. Ada pemberitaan yang menyebut pemberian penghargaan itu tidak diberikan di waktu yang tepat.

"Saya baca di sebuah berita ada orang berkomentar ini pemberian Bintang Mahaputera ke GN ini tidak pada waktunya, aneh, ndak aneh karena dia anggota kabinet bersama yang lain," ungkap Mahfud.g

Mahfud menyebut sudah sejak lama Presiden Jokowi ingin memberi penghargaan itu kepada para anggota kabinetnya terdahulu termasuk ke Gatot. Ada batas akhir pemberian penghargaan itu yakni pada bulan Desember dan Presiden memutuskan memberikan penghargaan tersebut pada bulan ini.

"Kemarin keputusannya anggota kabinet Pak Jokowi harusnya Agustus kan sudah diberi tetapi karena terlalu banyak waktu itu ada yang dari berbagai lembaga dan tenaga medis lalu ditunda," kata Mahfud.

"Ditunda waktu itu dijanjikan bulan November karena tidak boleh lewat dari bulan Desember dan kita ambil bulan November," sambung Mahfud.

Seperti diketahui penghargaan Bintang Mahaputera diberikan untuk menghargai atau memberi kehormatan tinggi kepada mereka yang berjasa luar biasa untuk keutuhan, kelangsungan serta kejayaan bangsa dan negara. Penghargaan itu diberikan kepada tokoh-tokoh yang pernah ada di kabinet presiden.

Ada nama eks Panglima TNI Jenderal Purn Gator Nurmantyo, eks Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan beberapa nama lainnya yang akan menerima penghargaan ini. Penghargaan itu sejatinya akan diberikan pada tanggal 11 November 2020 mendatang. (indozone.id)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel