Viral Rombongan Pesepeda Nekat Masuk Tol-Lawan Arah, Ini Penjelasan Jasa Marga


Viral Pesepeda Lawan Arah Diduga di Tol Bogor, Komunitas: Bikin Malu!

Darirakyat.com - Sebuah video viral di media sosial yang menunjukkan ada pesepeda masuk ke ruas Tol Jagorawi, Kabupaten Bogor. Pesepeda ini juga melintas melawan arah.

Dari video dan narasi yang beredar, ada tujuh pesepeda yang melintas di Jalan Tol Jagorawi Km 46. Empat pesepeda memotong jalan untuk melintas lawan arah. Dijelaskan, para pesepeda ini mengarah ke tempat istirahat (TI) Tol Jagorawi Km 45.

PT Jasa Marga pun membenarkan kejadian viral tersebut. General Manager Representative Office 1 Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division Oemi Vierta Moerdika menjelaskan Jasa Marga bersama polisi sedang mengidentifikasi rombongan pesepeda yang memasuki Jalan Tol Jagorawi tepatnya di Km 46+500 (Polingga), Minggu (14/9), sekitar pukul 11.00 WIB.

"Berdasarkan keterangan petugas di lapangan serta pihak kepolisian, rombongan pesepeda tersebut masuk melalui akses masuk jalan Tol Jagorawi Km 47+200 (traffic light Ciawi), dan mencoba melawan arah dengan menyeberang di median pada Km 46+500, menuju tempat istirahat dan pelayanan (TIP) Km 45. Saat ini kejadian tersebut masih dalam pemeriksaan lanjut dari pihak kepolisian," kata Oemi dalam keterangannya, Minggu (13/9/2020).

Oemi menyayangkan ada pesepeda yang masuk ke ruas tol. Dia menjelaskan pesepeda masuk ke jalan tol sangat membahayakan diri sendiri dan orang lain.

"Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005, Pasal 38 ayat 1, disebutkan jalan tol hanya diperuntukkan bagi pengguna jalan yang menggunakan kendaraan bermotor roda empat atau lebih," lanjutnya.

Dia menambahkan Jasa Marga telah memasang rambu-rambu mengenai kendaraan yang boleh masuk ke jalan tol. Oemi menyebut jalan tol dilarang dilintasi sepeda dan motor karena rancangan jalur dibuat untuk kendaraan roda empat atau lebih.

"Misalnya soal kecepatan, minimal kendaraan yang melintas di jalan tol antarkota melaju 80 km/jam, sedangkan untuk jalan tol perkotaan 60 km/jam. Pengendara sepeda juga akan bermasalah dengan empasan angin dari kendaraan lain karena jalan tol dibuat tanpa hambatan," tandas dia.(detik.com)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel