Api Telah Padam, Begini Kondisi Pasar Cempaka Putih Jakpus Usai Kebakaran



Darirakyat.com - Petugas pemadam kebakaran (damkar) telah berhasil memadamkan api pada kebakaran di Pasar Cempaka Putih, Jakarta Pusat (Jakpus). Saat ini, petugas sedang melakukan pendinginan.

Pantauan detikcom, Kamis (24/9/2020) sekitar pukul 11.52 WIB, api di Pasar Cempaka Putih telah padam. Puluhan petugas damkar masih di sekitar pasar untuk melakukan proses pendinginan. Mobil damkar masih disiagakan di sekitar pasar.

Pendinginan dilakukan di pinggir dan dalam pasar dengan menyemprotkan air ke tiap ruko dan puing-puing. Asap pun masih mengepul tinggi.

Seluruh genteng Pasar Cempaka Putih ambruk dan jatuh ke dalam ruko dan lantai. Puing-puing pun berserakan di pinggir dan dalam pasar.

Ada kayu-kayu, pecahan genteng, kardus-kardus, gas elpiji, dan barang dagangan lainnya yang terbakar. Semua barang yang terbakar tampak hangus dan menjadi arang.

Sementara itu, tampak beberapa pedagang berada di dalam pasar. Mereka mencoba mencari barang yang bisa diselamatkan. Beberapa warga sekitar ada yang mencoba masuk ke dalam pasar untuk melihat proses pendinginan yang dilakukan damkar.

Tampak pula barang dagangan yang dievakuasi pedagang ke luar pasar. Ada beras, mesin parut kelapa, telur, gelas plastik, sayuran, timbangan, dan barang dagangan lainnya.

Barang dagangan ini ditaruh di sisi luar pasar. Beberapa orang pun ada yang ke ruko untuk mengambil barang-barang yang bisa diselamatkan.

Beberapa petugas damkar terlihat beristirahat. Satpol PP, polisi, dan TNI ada di sekitar lokasi untuk melakukan penjagaan.

Sebelumnya, kebakaran terjadi di Pasar Cempaka Putih, Jakarta Pusat (Jakpus). Diduga, kebakaran terjadi karena korsleting.

"Nanti masih kita selidiki (penyebab kebakaran di Pasar Cempaka Putih), kemungkinan dari korsleting listrik," kata Kasudin Gulkarmat Jakarta Pusat, Asril Rizal, di Pasar Cempaka Putih, Jakpus, Kamis (24/9/2020).

Pedagang di Pasar Cempaka Putih Kais Barang Sisa Kebakaran




Api yang membakar Pasar Cempaka Putih, Jakarta Pusat (Jakpus), telah padam. Setelah lokasi aman dari api, pedagang mencari barang-barang yang masih bisa dipakai.

Bermodal sekop kecil, besi panjang, potongan kayu, atau bahkan tangan kosong, mereka menggali puing-puing untuk mencari barang dagangan mereka.

"Ini saya cari timbangan tapi nggak nemu-nemu," ucap salah satu pedagang sambil menggali puing sisa kebakaran dengan tangan kosong, Kamis (24/9/2020).

Dari pencarian ini, ada orang yang mengambil daging ayam dan sapi dari lapaknya untuk dipindahkan. Barang lainnya, seperti timbangan, gelas, piring, dan benda lainnya, yang ditemukan dalam kondisi baik langsung dipindahkan dari ruko untuk dievakuasi.

Sementara itu, tim pemadam kebakaran telah meninggalkan lokasi sekitar pukul 15.00 WIB. Puing-puing bekas kebakaran berserakan di lantai.

Sebuah motor yang terbakar dan tinggal kerangka saja tergeletak. Kabel listrik di pinggir pasar semrawut.

Pantauan detikcom, barang-barang sudah dievakuasi dan ditaruh di luar pasar. Ada bahan makanan, mesin parut kelapa, sayuran, buah-buahan, dan alat dagangan lainnya.

Beberapa orang yang telah mengevakuasi barangnya ini langsung memindahkannya dengan memakai mobil pikap.

Sebelumnya, Pasar Cempaka Putih di Jakarta Pusat (Jakpus) terbakar. Sebanyak 672 ruko yang hangus.

"Itu kan kios yang terbakar ada 672." kata Kasudin Gulkarmat Jakarta Pusat Asril Rizal dalam keterangannya hari ini.

Kebakaran di Pasar Cempaka Putih ini diduga akibat ledakan elpiji di salah satu lapak pedagang ayam. Api kemudian merembet ke ruko-ruko lainnya.

"Luas area (yang terbakar) 3.000 meter persegi," ujar Asril.(detik.com)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel